Peningkatan ekonomi harus dilakukan bersama atau keroyokan lintas dinas dan OPD, sehingga dapat saling terkait dengan satu tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata seiring tingginya angka kunjungan dan pengembangan obyek wisa
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cianjur pada akhir dan awal tahun salah satunya menggelar festival seni dan budaya serta lomba ayam pelung.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Minggu, mengatakan untuk meningkatkan angka kunjungan dan perekonomian di Cianjur, pihaknya melibatkan seluruh dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam setiap penyusunan kalender kegiatan tahunan.

"Peningkatan ekonomi harus dilakukan bersama atau keroyokan lintas dinas dan OPD, sehingga dapat saling terkait dengan satu tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata seiring tingginya angka kunjungan dan pengembangan obyek wisata," katanya.

Kegiatan seni budaya berskala internasional yang akan digelar di akhir tahun, ungkap dia, ditunjang dengan pameran bunga, festival dan lomba ayam pelung serta bazar UMKM dari berbagai kecamatan yang sudah menembus pasar nasional dan internasional.

Kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan Pemkab Cianjur, sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke berbagai obyek wisata andalan dan obyek wisata baru di Cianjur seperti air terjun dan wisatawan bahari di selatan Cianjur.

"Seiring tingginya angka kunjungan tentunya akan berdampak terhadap perputaran ekonomi di masing-masing wilayah terutama yang terdapat obyek wisata. Berbagai pelatihan dan pengembangan bagi pelaku pariwisata sudah sejak jauh hari dilakukan dinas terkait," katanya.

Pihaknya menargetkan pada 2024 angka kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Cianjur dapat melebihi target 2023 yang sudah mendekati angka 2,4 juta wisatawan seiring pengembangan obyek wisata andalan Kampung Adat Miduana di kecamatan Naringgul.

"Target setiap tahun terus meningkat, tahun depan minimal bisa naik di angka 3 juta wisatawan, seiring pengembangan obyek wisata yang ditunjang dengan infrastruktur jalan yang baik mulai dari utara hingga selatan," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Ahmad Danial, mengatakan kegiatan yang akan digelar di akhir tahun sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan ke Cianjur dapat melebihi angka 2,4 juta wisatawan.

"Pemerintah daerah akan menggelar kegiatan seni budaya dan lomba ayam pelung berskala internasional di wilayah utara dan selatan, sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk datang dan berlama-lama di Cianjur sesuai keinginan Bupati Cianjur," katanya.

Pihaknya menargetkan angka kunjungan ke berbagai obyek wisata ke Cianjur akan terus meningkat di tahun depan karena ditunjang dengan infrastruktur jalan yang baik terkoneksi dengan jalan provinsi dan jalan nasional yang perbaikan nya terus dilakukan.

Baca juga: Angka kunjungan wisatawan ke Cianjur capai 1,6 juta orang

Baca juga: Disbudpar Cianjur gelar berbagai festival tingkatkan angka kunjungan

Baca juga: Alun-alun Ciranjang menjadi objek wisata baru di wilayah timur Cianjur

Baca juga: Kementerian PUPR ubah TPSA di Cianjur jadi tempat wisata

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023