Los Angeles (ANTARA News) - Aktor peraih Oscar, sutradara dan produser George Clooney akan mendapat Cecil B. DeMille Award, penghargaan kehormatan Golden Globe, atas kontribusinya dalam dunia perfilman, kata penyelenggara acara, Senin.

Clooney (53), salah satu orang berpengaruh di depan dan belakang layar Hollywood, akan menerima penghormatan tersebut bulan Januari di Golden Globes Awards, salah satu ajang penghargaan bergengsi untuk film dan televisi yang diselenggarakan oleh Hollywood Foreign Press Association.

Pemimpin asosiasi Theo Kingma mengatakan penghargaan itu diberikan atas kontribusi luar biasa Clooney baik di depan dan belakang kamera.

Clooney sudah dua kali meraih penghargaan Oscar, sebagai aktor pendukung dalam film "Syriana" dan sebagai produser film terbaik tahun 2013 untuk "Argo."

Ia juga telah memenangkan tiga penghargaan Golden Globe, termasuk aktor terbaik dalam film "The Descendants" tahun 2012 dan "O Brother Where Art Thou?" pada 2001.

Baru-baru ini dia menandatangani kontrak untuk menyutradarai film Sony Pictures berjudul "Hack Attack".

Berita tentang penghargaan Cecil B. DeMille datang saat Clooney bersiap untuk menikahi tunangannya, pengacara Amal Alamuddin, di Venisia pada akhir September.

Penghargaan itu dinamai seperti nama sutradara berpengaruh Hollywood itu tahun lalu diberikan kepada sutradara produktif Woody Allen, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Penerjemah:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014