Incheon, Korea Selatan (ANTARA News) - Dua perenang berambut pirang dari Kazakhstan tampil cemerlang pada Asian Games.  Keduanya adalah Dmitriy Balandin dan Yekaterina Rudenko.

Bahkan dua emas Balandin pada nomor 100 dan 200m gaya dada putra setelah membuat Tiongkok dan Jepang terhenyak, telah menciptakan sejarah bagi negeri itu.

"Ini brilian!" kata perenang berusia 19 tahun itu kepada AFP.  "Ini hasil yang fantastis. Saya memenangi dua medali emas. Ini adalah medali emas pertama dari renang dalam sejarah Kazakhstan. Saya bangga sekali."

Balandin menaklukkan dua favorit Jepang yaitu Yasuhiro Koseki dan Kosuke Kitajima.  "Saya tidak mengharapkan meraih medali emas, perkiraan saya adalah merebut perunggu. Namun begitu saya ke sini saya merasa sangat baik, kuat dan bertenaga. Saya sangat bangga datang dari Kazakhstan dan melihat bendera Kazakstan berkibar di sini."

Kebanggaan serupa diutarakan Rudenko yang mempersembahkan dua medali perak dari nomor 50m dan 100m putri pekan ini. "Saya bangga sekali pada negara saya. Saya begitu bahagia di dalam sini, saya tidak bisa melukiskannya," kata dia.

Ketika ditanyai mengenai penampilan fisik mereka yang berbeda dari rata-rata orang Asia karena mereka bermuka Eropa, Rudenko tertawa, "Saya satu-satunya orang yang bertampang Eropa di sini! Saya lahir dan besar di Kazakhstan. Itu sudah seperti rumah sendiri."

Rudenko lalu mengingatkan bahwa para perenang Kazakh akan terus mengejutkan di masa depan, demikian AFP.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014