Venesia (ANTARA News) - Tak ada berita lain di Rialto pada Jumat, ketika bintang-bintang dalam daftar-A meluncur ke Venesia untuk merayakan pernikahan aktor Hollywood George Clooney (53) dan pengacara hak asasi manusia Amal Alamuddin (36).

Pemenang dua penghargaan Oscar kelahiran Kentucky itu berencana mengucap janji pernikahan dengan pengacara Inggris Amal Alamuddin di kota terapung Italia.

Clooney yang berseri dan calon pengantinnya menumpang taksi air di Grand Canal pada Jumat, dan lebih banyak kapal dengan bendera biru bertulis inisial "A" dan "G" menunggu pada pagi hari di bandara Venesia untuk mengangkut tamu-tamu yang datang lebih awal, termasuk Ellen Barkin, yang berperan bersama Clooney di film "Ocean’s Thirteen".

Saat hari gelap para turis dan warga Venesia berkerumun di dermaga dekat hotel berbintang tujuh Aman Canal Grande Hotel, yang ruangannya menurut laporan dipesan pasangan itu untuk menggelar upacara pertukaran janji pernikahan dan resepsi pada Sabtu.

Di antara orang-orang yang ingin sekilas melihat satu tamu di antara undangan yang menurut rumor berjumlah 150 orang itu ada Osmany Mena (37), yang mengunjungi Venesia dari Miami, Florida.

"Mereka bicara tentang Sandra Bullock, Brad Pitt, Angelina Jolie. Akan keren kalau bisa melihat beberapa dari mereka, atau semuanya," kata Mena, menyebut rekan Clooney, Bullock, yang membintangi film "Gravity" tahun  2013 dan pasangan Hollywood yang baru-baru ini menikah seperti dikutip Reuters.

Media lokal menyebut Matt Damon, bintang film "The Talented Mr. Ripley" dan "The Bourne Identity", mendarat pada hari itu di bandara di pulau Lido, Venesia.

Alamuddin dan Clooney, yang berjanji tidak akan menikah lagi setelah bercerai dari aktris Talia Balsam tahun 1993, menyampaikan pemberitahuan legal tentang rencana pernikahan mereka di balai kota West London pada Agustus.

Alamuddin pernah mewakili bekas perdana menteri Ukraina Yulia Tymoshenko di Pengadilan Hak Asasi Eropa dan pendiri WikiLeaks Julian Assange dalam proses ekstradisi.

Dia berkencan dengan Clooney sejak Oktober 2013 menurut laporan media dan pertunangan mereka dikonfirmasi ketika lembaga hukumnya menyampaikan pernyataan untuk mengucapkan selamat kepada pasangan itu pada April.

Alamuddin juga menjadi penasihat mantan sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan dalam konflik Suriah, masalah yang secara terbuka disampaikan Clooney ke publik.

Clooney baru-baru ini juga bekerja sebagai advokat untuk para pengungsi di Darfur, Sudan.

Upacara pernikahan pasangan itu rencananya dilakukan pada Senin di Balai Kota Venesia, sebuah istana abad ke-14 Ca' Farsetti, dan menurut laporan media Italia, bekas Wali Kota Roma, Walter Veltroni, akan memimpin upacara itu.

Pemerintah lokal Venesia menyatakan akan menutup beberapa jalan kota selama dua jam pada Senin.

"Dengan pertimbangan bahwa lokasi upacara sepertinya akan menjadi sasaran bagi orang yang tertarik dengan acara selebriti itu, jumlah yang besar bisa jadi masalah kemacetan dan menimbulkan ancaman keselamatan orang," demikian pemberitahuan pemerintah kota setempat.

Namun tidak semua orang Venesia khawatir dengan prospek keramaian itu. Marco Pampani (58), arsitek yang tinggal di kota itu, menyambut keputusan pasangan tersebut melangsungkan pernikahan di sana.

"Ini membuat kota menjadi sorotan," kata Pampani di hotel Aman pada Jumat petang, masih ceria setelah berdiri di sana selama 1,5 jam.

"Ini membawa orang-orang, pergerakan, sesuatu yang dibutuhkan Venesia," kata dia.

Penerjemah: Maryati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014