Jakarta (ANTARA News) - Komunitas desainer punya peran penting dalam mempopulerkan batik, kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto.

Panggah mengatakan ide kreatif para perancang busana Tanah Air dibutuhkan untuk mengembangkan motif, warna dan potongan busana batik yang sesuai dengan tren terkini.

"Upaya itulah yang akan membuat produk batik dapat berkompetisi di pasar internasional," katanya pada pembukaan Pameran Batik Warisan Budaya VII di Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan Kementerian Perindustrian berusaha mengembangkan batik nasional dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pemberian bantuan tenaga ahli desain, fasilitasi akses permodalan dan pemberian bantuan peralatan bagi perajin.

Kementerian Perindustrian menggelar Pameran Batik Warisan Budaya VII bertema "Sogan Seni Batik Klasik" hingga 3 Oktober 2014.

Sebanyak 54 perajin binaan Yayasan Batik Indonesia asal Solo, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Pekalongan, Surakarta, Banjarnegara dan Jakarta menampilkan produk mereka dalam pameran itu.

Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan menghadiri pameran pada 2 Oktober 2014, bertepatan dengan Hari Batik Nasional.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014