Jakarta (ANTARA News) - Kelompok Komisi (POKSI) IV Fraksi Partai Demokrat DPR RI mendakuk telah menunjukkan kinerja yang baik selama mereka bertugas, selain dalam mengawal pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Selama lima tahun, Poksi IV telah mendukung keberhasilan pembangunan sektor pertanian, kehutanan dan kelautan serta perikanan, melalui fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan kebijakan.

"Capaian-capaian itu sudah sesuai dengan tugas dan fungsi anggota DPR RI," kata Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron di Jakarta, Rabu.

Politisi asal Cirebon itu menjelaskan POKSI IV dan fraksi lain telah mengesahkan 9 undang-undang, meliputi UU No 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura, UU No 18 Tahun 2012 tentang Pangan, UU No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, UU No 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, UU No 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, dan tiga UU  yang disahkan pada Rapat Paripurna 29 September 2014 yaitu UU Perkebunan, UU Kelautan dan UU Konservasi Tanah dan Air.

Selama POKSI IV Partai Demokrat bertugas, anggaran Kementerian Pertanian meningkat dari Rp7,6 triliun pada 2009 menjadi Rp15,47 triliun pada tahun anggaran 2014, anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan juga naik menjadi Rp5,6 triliun,  anggaran Kementerian Kehutanan yang rata-rata anggaran naik Rp5-6 triliun per tahun.

Dia mengatakan komisi ini juga telah membentuk Panja Raskin, Panja Daging, Panja Pengawasan Pupuk Bersubsidi, Panja Swasembada Gula, Panja Impor Pangan dan Hortikultura, Panja Garam, Panja Pinjam Pakai Kawasan Hutan, Panja Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan DPR RI.

Selain itu, menyelesaikan konflik kehutanan Blok Cisaladah di Ciamis, Jawa Barat, konflik Dipasena dan konflik sengketa lahan di Mesuji, Provinsi Lampung.

Keberhasilan selama pada periode 2009-2014 lainnya adalah mendorong penyelesaian pembangunan waduk Jatigede, pemberian bantuan Puso, pemberian bantuan pascabencana erupsi Gunung Sinabung di Provinsi Sumatera Utara dan Gunung Kelud di Provinsi Jawa Timur.

Herman dan Poksi IV Demokrat mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di luar fraksi serta memohon maaf jika ada target yang belum tercapai.

"Namun saya tegaskan semenjak dilantik sebagai anggota DPR RI 2004, kami bersama rekan-rekan POKSI IV berjuang untuk kepentingan rakyat," kata anggota DPR RI terpilih periode 2014-2019 ini.





Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014