Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak empat dari lima pemain Persebaya yang baru saja memperkuat Tim Nasional Indonesia pada Asian Games 2014, sudah kembali bergabung dengan latihan tim di Surabaya, Rabu, untuk persiapan menghadapi babak delapan besar ISL.

Keempat pemain yang telah mengikuti sesi latihan di Lapangan Brigif-1 Marinir di Gedangan, Sidoarjo, adalah Fandi Eko Utomo, Novri Setiawan, Alfin Tuasalamony, dan Dedi Kusnandar. Sedangkan satu pemain lagi yakni Manahati Lestusen izin istirahat, karena sakit.

"Saya senang mereka sudah kembali gabung latihan, meskipun baru pulang dari Asian Games. Ini membuat program latihan bisa lebih dimaksimalkan," kata pelatih Persebaya Rahmad Darmawan kepada wartawan.

Selama dua pekan terakhir, Rahmad Darmawan tidak bisa mengoptimalkan program latihan, karena komposisi pemain tidak komplit. Selain lima pemain bergabung dengan Timnas ke Asian Games, beberapa pemain utama lainnya juga sedang mengalami cedera.

Untuk menambal kekurangan pemain, Rahmad Darmawan terpaksa meminjam sejumlah pemain Persebaya U-21 untuk ikut bergabung dalam latihan "game".

Hingga saat ini, ada tiga pemain inti yang dalam tahap pemulihan cedera, yakni M Ilhan, Ricardo Salampessy dan Abdul Rahman Lestaluhu. Sementara top skor sementara ISL Emmanuel "Pacho" Kenmogne dan kapten tim Greg Nwokolo kondisinya sudah membaik.

"Kecuali Mance (panggilan akrab Abdul Rahman Lestaluhu, red), saya berharap seluruh pemain dalam kondisi bugar saat laga perdana babak delapan besar melawan Mitra Kukar, Senin (6/10) pekan depan," tambah Rahmad Darmawan.

Menurut jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia, Persebaya Surabaya, akan menjalani laga perdana babak delapan besar putaran pertama dengan menjamu Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (6/10), selanjutnya melawat ke markas Pelita Bandung Raya (10/8) dan menjamu Persib Bandung (13/10).

Sedangkan pada putaran kedua, tim berjuluk "Bajul Ijo" itu bertandang ke markas Persib (22/10), meladeni Pelita Bandung Raya (26/10) dan terakhir menuju kandang Mitra Kukar (30/10).

"Kami fokus membenahi kerja sama tim dan pemantapan strategi menghadapi tiga calon lawan. Mereka (Persib, PBR dan Mitra Kukar) adalah tim bagus dan punya karakter permainan berbeda," kata Rahmad Darmawan.

(D010/R010)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014