Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Sutarman meminta Polri fokus mengamankan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang akan digelar pada 20 Oktober 2014.

"Kita harus mampu mengawal keamanan sampai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan presiden dan wapres," kata Sutarman di Jakarta, Kamis.

Untuk itu Sutarman akan segera mengumpulkan selurub kapolda dan kapolres di Indonesia untuk diarahkan dalam langkah-langkah pengamanan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden baru.

Menurut dia, pascapemilu, situasi politik di Indonesia bergerak dinamis sehingga bisa berdampak pada konflik di tengah masyarakat dan polisi harus mampu mengelola potensi konflik dengan baik sehingga situasi politik tidak berdampak pada berkurangnya rasa aman masyarakat.

Sutarman mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai potensi gangguan keamanan menjelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

"Saya perintahkan pada seluruh jajaran Polri terutama fungsi intelijen untuk selalu meningkatkan kemampuan deteksi dini sehingga berbagai potensi ancaman dan kerawanan dapat segera diketahui dan diantisipasi dengan baik," kata Sutarman.





Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014