Jakarta (ANTARA News) - Tujuh kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada 2015.

"Kalau merujuk pada Perppu Nomor 1/2014 tentang Perubahan Undang-Undang No.22/2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, maka tujuh daerah akan melaksanakan Pilkada serentak," kata Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden di Jakarta, Senin.

Sahran bersama anggota KPU lainya berada di Jakarta guna menghadiri rapat pimpinan KPU dengan agenda evaluasi Pemilu.

Tujuh daerah di Sulawesi Tengah itu adalah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Poso, Tojo Unauna dan dua daerah otonom baru yakni Banggai Laut dan Morowali Utara.

Tujuh daerah tersebut masuk daftar 245 kabupaten/kota dan provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Indonesia.

"Dari jumlah itu ada sembilan gubernur yang ikut di dalamnya," kata dia.

Menurut Sahran tujuh daerah ini memiliki kepala daerah yang masa jabatannya berakhir 2015 dan dia mengatakan kalau ada kepala daerah yang masa jabatannya berakhir Desember, maka akan dipercepat sesuai jadwal yang ditentukan.

Sementara kepala daerah yang sudah berakhir akan diganti dengan pejabat bupati dan pejabat wali kota.

Menurut Sahran, seluruh biaya pemilihan kepala daerah itu tetap dibiayai  anggaran daerah, namun kampanye akan dibiayai APBN.

"KPU sudah siap melaksanakan Pilkada serentak," tegas dia.





Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014