Jakarta (ANTARA News) - Aktris dan model iklan Dian Paramita Sastrowardoyo atau yang lebih akrab disapa Dian Sastro (32) bisa berperan sebagai ibu sekaligus istri meski digeluti setumpuk kegiatan.

Ibu dari Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo (3) dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo (1) menggunakan prinsip quality time.

"Pagi itu waktunya mengantar Shain sekolah, jadi akan banyak berkomunikasi dengan anak yang sulung, sedangkan sore adalah waktu main dengan Ishana," kata istri Indraguna Sutowo itu.

Dian menyarankan agar seorang ibu tidak menghabiskan waktu secara bersamaan dengan dua anak.

Menurut Dian, sebaiknya seorang ibu melakukan alone time pada anak pertama lalu bergantian pada anak kedua.

"Lebih efektif jika seorang ibu hanya berdua dengan satu anak, baik ketika bermain atau diajak berbicara karena karakter anak berbeda dan tidak bisa disamakan antara anak  pertama dan anak kedua."

"Bukan satu ibu menghadapi dua anak, tetapi satu ibu dan satu anak lalu setelah itu hal yang sama dilakukan pada anak kedua," kata Dian.

Pemeran utama film "Ada Apa dengan Cinta" tersebut selanjut mengatakan, suami harus mendapat quality time dengan istri dan hal tersebut dapat dilakukan setelah anak-anak tidur.

"Saya biasanya menemani suami setelah anak-anak tidur dengan menonton TV atau DVD dan kalau makan malam diusahakan bersama," ungkap Dian.

Waktu berkualitas juga didapatkan Dian dengan mengorbankan acara bersama teman.

Ia tidak keberatan jika disebut kuper alias kurang di kalangan ibu-ibu lainnya.

"Karena saya menjadi ibu yang bekerja, yang dikorbankan adalah waktu kumpul dengan teman-teman. Jadi kalau bertemu mereka kuper karena sering absen ketika arisan," jelasnya.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014