Jika Anda pernah melihat Facebook atau Instagram atau Twitter yang mengaku atas nama saya, maka itu bukan saya"
Jakarta (ANTARA News) - Aktris peraih Oscar, Jennifer Lawrence, bersumpah tidak akan pernah memakai  Twitter setelah internet kerap melecehkan dia.

Bintang "Hunger Games" ini mengaku "gaptek", bahkan termasuk email dan media sosial.

Kini dia bersumpah untuk tidak akan pernah bergabung dengan Twitter, Facebook atau Instagram. Untuk itu, dia menegaskan akun apa pun yang mengatasnamakan dia adalah palsu.

Aktris ini menjelaskan bahwa dia telah dilecehkan oleh internet di masa silam sehingga dia berani mengungkapkan dengan terus terang sisi buruk dari internet.

Belum lama tahun ini, dia menjadi korban para peretas yang memposting foto-foto telanjangnya di internet.

Dia juga berbicara tentang trauma akibat pelecehan seksual dan menyeru perubahan undang-undang internet demi mencegah pelanggaran terhadap privasi yang disebutnya menjijikkan itu, tak terjadi lagi.

Berbicara dalam sebuah talkshow BBC Radio 1, bersama para pemeran "Hunger Games" lainnya, dia buka-bukaan mengenai kekurangminatannya pada media sosial dan teknologi.

"Saya tidak akan pernah ke Twitter," kata dia. "Saya tak begitu bagus dalam soal ponsel atau teknologi. Saya sungguh tak bisa terus-terusan memantau email sehingga ide mengenai Twitter tak terpikirkan oleh saya.

"Saya sungguh tak memahami itu apa, itu seperti teka teki aneh yang diguncingkan orang. Itu baik dan saya menghormatinya tapi tidak, saya tidak akan pernah punya Twitter. Jika Anda pernah melihat (akun) Facebook atau Instagram atau Twitter yang mengaku atas nama saya, maka itu bukan saya."

Lawrence beralasan dia mengambil sikap begitu karena internet telah begitu sering melecehkannya.

Belum lama tahun ini, dia berbicara kepada majalah Vanity Fair mengenai terumbarnya foto-foto pribadinya, "Ini sebuah pelanggaran seksual. Menjijikkan. Hukum perlu diubah, dan kita perlu berubah. Itulah mengapa laman-laman web ini bertanggung jawab.

"Itu jauh di luar jangkauan saya. Saya hanya tak bisa membayangkan itu dipisahkan dari kemanusiaan. Saya tak bisa membayangkan menjadi sempit berpikir, ceroboh dan kosong sekali di dalam."

Lawrence tengah berada di Inggris untuk penayangan perdana "The Hunger Games: Mockingjay - Part 1".  Dia akan menyusuri karpet merah bersama lawan-lawan mainnya di film itu,  Liam Hemsworth dan Josh Hutcherson, demikian Sidney Morning Herald.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014