Untuk jumlah dan mekanisme pengirimannya sama dengan empat tahun lalu. Bonus akan langsung dikirim ke rekening masing-masing atlet,"
Jakarta (ANTARA News) - Bonus untuk atlet peraih medali pada Asian Games dan Asian Paragames 2014 di Incheon, Korea Selatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap dicairkan setelah proses administrasi selesai dilakukan.

Deputi V Bidang Keharmonisan dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewa Broto, di Jakarta, Selasa, mengatakan sesuai dengan rencana pemberikan bonus bagi atlet peraih medali itu akan dilakukan 28 November.

"Untuk jumlah dan mekanisme pengirimannya sama dengan empat tahun lalu. Bonus akan langsung dikirim ke rekening masing-masing atlet," katanya di Kantor Kemenpora Jakarta.

Berdasarkan besaran bonus yang diberikan pada peraih medali Asian Games 2010, peraih emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp400 juta, perak Rp200 juta dan perunggu Rp50 juta. Bonus juga diberikan kepada pelatih dan asisten pelatih.

Untuk pelatih yang mengantarkan atletnya meraih emas akan mendapatkan bonus Rp100 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta. Sedangkan asisten pelatih secara berurutan akan mendapatkan bonus Rp50 juta, Rp25 juta dan Rp15 juta.

Kontingen Indonesia pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, tertahan di posisi 17 dengan perolehan empat emas, lima perak dan 11 perunggu. Hasil ini di bawah target yang ditetapkan yaitu sembilan emas.

"Bonus juga akan diberikan kepada peraih medali pada Asian Paragames. Untuk mekanisme pencairan juga sama dengan peraih medali Asian Games," kata Gatot.

Untuk peraih medali Asian Paragames, besarnya bonus berbeda dengan atlet Asian Games. Namun, jika dibandingkan dengan bonus kejuaraan sebelumnya mengalami peningkatan yang signifikan bagi dari sisi atlet maupun pelatih.

Bagi atlet peraih emas akan mendapatkan bonus Rp200 juta dari sebelumnya Rp50 juta, perak Rp90 juta dan perunggu Rp45 juta. Untuk pelatih secara berurutan Rp50 juta, Rp25 juta dan Rp15 juta, sedangkan asisten pelatih Rp25,5 juta, Rp12,5 juta dan Rp7,5 juta.

Pada Asian Paragames yang pelaksanaan setelah Asian Games, kontingen Indonesia mampu mengumpulkan sembilan emas, 11 perak dan 18 perunggu dan berada di posisi sembilan klasemen akhir.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014