Wina (ANTARA News) - Hujan es dan kabut tebal akibatkan gangguan dan membuat sibuk penyedia layanan darurat pada Selasa (2/12) di Negara Bagian Styria, Lower Austria dan Burgenland di Austria.

Kebanyakan masalah telah ditimbulkan oleh pohon yang tumbang akibat salju setebal berinci-inci, yang kemudian telah menjadi penghalang jalan yang terus menjadi masalah sebab pohon tersebut terus bertumbangan di banyak wilayah.

Di Wilayah Waldiertel di Lower Austria, kondisi semacam itu bahkan membuat sebanyak 12 sekolah ditutup sementara angkutan anak dengan menggunakan bus di jalan dipandang oleh pemerintah sebagai terlalu berbahaya.

Di beberapa bagian Styria, petugas dinas pemadam sibuk menambal atap yang telah rusak tertimpa pohon dengan menggunakan terpal untuk sementara, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Namun mereka harus menghentikan kegiatan akibat cuaca yang sangat dingin dan membahayakan mereka.

Pemerintah menyatakan ribuan pohon diperkirakan telah tumbang, dan jumlah kerusakan belum dinilai. Karena cuaca diperkirakan takkan berubah dalam waktu cepat, pemerintah juga menyarankan warga di daerah yang terpengaruh agar tetap berada di dalam rumah.

Lembaga Meteorologi dan Geodinamika Sentral (ZAMG) mengatakan daerah antara 600 dan 1.400 meter di atas permukaan laut sangat terpengaruh oleh kondisi berat.

Pada Senin (1/12) alu lintas di seluruh Republik Ceko dilaporkan terancam oleh hujan yang membeku dan es hitam --jalan dan trotoar, pohon dan kabel listrik ditutupi oleh embun beku-- sementara pengemudi diperingatkan agar berhati-hati.

Cuaca buruk juga mengakibatkan gangguan besar pada layanan kereta. Jawatan Kereta Ceko memperingatkan puluh layanan akan tertunda sedikitnya selama 10 menit, karena lokomotif listrik tak bisa beroperasi tanpa listik di stasiun dan di jalur terbuka.

Lalu lintas di koridor kereta utama yang menghubungkan Praha ke Olomouc dan Ostrava, Brno ke Prerov Prerov dan Breclav berkurang drastis atau berhenti sama sekali. Brno telah mengumumkan keadaan darurat bencana buat masyarakat, angkutan di kota tersebut telah terhenti akibat es hitam, sementara dinas jalan raya di Prerov, Moravia Utara, menyarankan pengemudi menghentikan kendaraan mereka jika mungkin.

Josef Hanzlik dari Lembaga Hidrometeorologi Ceko mengatakan situasi paling buruk terhadap di Wilayah Moravia, tempat hujan yang membeku diperkirakan paling parah dibandingkan dengan seluruh negeri itu. Dengan turunnya hujan yang membeku, permukaan jalan menjadi licin dan es hitam muncul di sebagian besar wilayah negeri tersebut termasuk di Ibu Kotanya, Praha.

Hujan yang membeku adalah nama yang diberikan untuk air hujan yang jatuh ketika temperatur permukaan Bumi berada di bawah titik beku. Tak seperti campuran hujan dan salju, es kecil-kecil --yang keduanya kadangkala disebut "hujan es"-- hujan yang membeku seluruhnya terdiri atas tetesan cairan.

Badan Meteorologi Ceko meramalkan udara akan berawan dan hujan membeku turun di sebagian besar negeri itu selama Senin malam dan keadaan tersebut diperkirakan berlangsung sampai Selasa malam.
(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014