Jakarta (ANTARA News) - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sejak 4 Desember hingga 5 Desember mendatang, menyelenggarakan pagelaran riset kedokteran di Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Pagelaran yang diikuti 15 klaster dan pusat riset kedokteran FKUI ini berupaya mengenalkan dan mendekatkan hasil-hasil riset FKUI kepada masyarakat, lembaga penelitian, pemerintah maupun industri.

"Acara ini diselenggarakan agar masyarakat dan pemerintah tahu apa yang kita kerjakan (penelitian) untuk memberikan sumbangan bagi masyarakat," ujar Dekan FKUI, DR. Dr. Ratna Sitompul, SpM(K) di Jakarta, Kamis (4/12).

"FKUI akan memfokuskan diri pada berbagai penelitian yang berorientasi pasar, yaitu penelitian-penelitian yang berbasis pada berbagai masalah yang timbul di masyarakat sehingga nantinya hasil penelitian tersebut dapat memecahkan berbagai masalah di masyarakat secara konkret," kata dia.

Ke-15 klaster yang dimaksud antara lain, stem cell, human reproduction, pusat riset virologi dan kanker patobiologi, infectious disease, human genetic, human cancer, medical technology, clinical research supporting unit dan drug development.

Selain itu, ada pula lima pusat riset swasta maupun industri serta satu institusi pemerintah yang diwakili BKKBN, turut berpartisipasi dalam pagelaran ini.

"Kami berharap, pagelaran ini akan makin meningkatkan motivasi para peneliti FKUI serta meningkatkan peran kemitraan antara universitas, pemerintah, masyarakat dan swasta/industri dalam riset kedokteran," kata Dr. Ratna.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014