Pada dasarnya dengan memperkuat struktur investasi, akan terus mendorong perkuatan struktur industri. Jadi, yang kosong-kosong dalam pohon industri kami usahakan di promosikan agar industri semakin kuat dan kokoh,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian berupaya untuk memperkuat struktur investasi asing di Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kerjasama Industri Internasional (KII) Kemenperin.

"Pada dasarnya dengan memperkuat struktur investasi, akan terus mendorong perkuatan struktur industri. Jadi, yang kosong-kosong dalam pohon industri kami usahakan di promosikan agar industri semakin kuat dan kokoh," kata Dirjen KII Kemenperin Agus Tjahajana di Jakarta, Selasa.

Agus menambahkan, beberapa industri yang kosong, perlu diprioritaskan, misalnya pada industri baja, Indonesia belum memeiliki industri stainless steel.

Kemudian, lanjut Agus, pada industri permesinan, beberapa industri yang kosong yakni industri alat kedokteran, mesin perkakas, perlalatan komponen mobil dan sebagainya.‬ "Jadi, lebih mengarah ke perkuatan strukturnya. Misalnya, kemarin dengan Italia, tentunya kami ingin penguatan industri tekstil. Kami tidak menargetkan siapa saja, kalau mau datang silahkan. Tapi, kalau ada yang kami tahu bahwa kita memerlukannya, akan kami beri perhatian khusus," ujar Agus.

Agus menambahkan, pihaknya juga akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing industri melalui tiga hal, yakni menyelamatkan pertahanan industri, membuka akses pasar di dalam dan luar negeri dan mendapatkan akses sumber daya industri.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014