Asadabad, Afghanistan (ANTARA News) - Tujuh warga sipil telah tewas oleh ledakan bom pinggir jalan di Provinsi Kunar, Afghanistan Timur, kata gubernur provinsi tersebut pada Minggu pagi.

"Satu kendaraan melintas bom pinggir jalan pada Sabtu malam (20/12), dan menewaskan tujuh warga sipil, termasuk tiga anak kecil. Tiga warga sipil di dalam kendaraan tersebut cedera," kata Gubernur Shuja-ul-Mulk Jalala kepada Xinhua, Minggu petang.

Peristiwa itu terjadi di Kabupaten Nari di provinsi tersebut, kata gubernur itu.

Pada Minggu, seorang prajurit dan seorang warga sipil tewas dan lima orang lagi cedera dalam dua ledakan terpisah bom rakitan di Kota Jalalabad, Ibu Kota Provinsi yang bertetangga, Nangarhar, kata polisi.

Lebih dari 3.180 warga sipil tewas dan hampir 6.430 orang lagi cedera dalam konflik dan serangan pimpinan Taliban dari 1 Januari sampai 30 November tahun ini, demikian data resmi yang disiarkan oleh misi PBB di negeri tersebut.

Pemerintah menuduh gerilyawan Taliban dan kelompok lain bersenjata sebagai pelaku serangan yang kebanyakan membuat warga sipil tewas dan cedera.

(Uu. C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014