Jakarta (ANTARA News) - Operator telekomunikasi Indosat mengaktifkan mobil klinik di Bandara Internasional Juanda, Sidoardjo, Jawa Timur, dan mendirikan pos komando (posko) bantuan di Pantai Kubu, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, untuk membantu proses evakuasi korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

"Kami turut berduka atas musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501. Sebagai bentuk nyata keprihatinan, kami segera membentuk Posko Indosat Peduli di Pantai Kubu dekat pusat evakuasi dan mobil klinik Indosat di Surabaya," ujar Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto di Jakarta, Rabu.

Posko Indosat Peduli di Pantai Kubu yang memberikan layanan telepon dan Internet gratis dibentuk untuk memudahkan para keluarga korban maupun petugas yang membantu proses evakuasi untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi terkini mengenai perkembangan proses evakuasi.

Dalam pelaksanaannya Indosat besama anak usahanya, Lintasarta, menggunakan Mobil VSAT (very small apperture terminal) berteknologi satelit digital yang mendukung layanan data bergerak berkecepatan dua Mega byte per detik (Mbps) dilengkapi piranti nirkabel (Wireless Fidelity/WiFi Hotspot).

"Mobil klinik yang kami terjunkan akan membantu pengantaran jenazah dari tempat identifikasi di RS Bhayangkara ke rumah duka," katanya.

Selain itu, tim mobil klinik Indosat akan memberikan bantuan berupa makanan dan minuman ringan bagi keluarga korban di crisis center Bandara Internasional Juanda.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014