The Special One masih menggunakan strategi yang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, meski para penggawa The Blues makin memahami pola yang dikembangkan pelatih asal Portugal itu.
Swansea (ANTARA News) - Jelas bernas, bukan saatnya beranda-andai dengan menggunakan kata "jika" melainkan saatnya menunjukkan hasil kerja dengan menyatakan "ini lho buktinya". Kata pembuka ini berlaku bagi duel antara Swansea dan Chelsea di pertarungan Premier League.

Jika saja Chelsea meraup poin penuh, maka The Blues mampu menjaga jarak dengan musuh bebuyutannya Manchester City yang bakal menjalani laga penuh perjuangan melawan Arsenal pada Minggu (18/1).

Swansea akan menjamu Chelsea di Liberty Stadium dalam ajang Premier League yang dihelat pada Sabtu waktu setempat, atau pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan secara langsung oleh beIN Sport.

Chelsea menyambangi Wales Selatan dengan kekuatan penuh, sementara Swansea bermetamorfosis sepeninggal salah satu striker andalan mereka Wilfried Bony.

Untuk itu, pelatih Swansea Garry Monk besar kemungkinan menurunkan Bafetimbi Gomis yang penampilannya belum stabil benar mendukung daya gedor The Swans.

Bagaimana susunan pemain Swansea? Monk menghadapi sejumlah problem mengenai pemain yang mengalami cedera. Sebut saja, Jefferson Montero, sedangkan Jonjo Shelvey masih terkena suspensi, sedangkan Ki Sung-Yueng memperkuat negaranya. Dengan begitu, Swans sedikit mengalami gangguan di lini gelandang.

Federico Fernandez bakal bahu membahu bersama Ashley William di lini pertahanan, dan Angel Rangel bersama Jazz Richards beroperasi dari ini kanan pertahanan.

Bagaimana dengan Chelsea? Mourinho punya pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan berkaitan dengan belum pulihnya Cesar Azpilicueta. Tempatnya bakal diisi oleh Filipe Luis. Tentu saja skema ini cukup punya pengaruh.

Manajer asal Portugal itu berusaha mengambil keputusan krusial berkaitan dengan penunjukan pemain. Petr Cech yang tampil gemilang ketika menghadapi Newcastle United diharapkan turun kembali. Ramires pun telah kembali bugar, sementara Cesc Fabregas, Oscar atau Nemanja Matic justru perlu beristirahat.

Mourinho cenderung mengandalkan formasi 4-2-3-1 agar terjalin kekompakan antar lini denan fokus kepada upaya terus menerus menekan lawan.

Swansea disebut-sebut punya gaya bermain yang menawan selama musim ini. Mereka mengembangkan gaya filosofi sepak bola klasik yang berbasis penguasaan bola, kemudian dikombinasikan dengan pola "direct football" juga.

The Swans banyak memanfaatkan lebar lapangan meski belum menunjukkan pola serangan yang efektif dan efisien. Skuat ini mengandalkan Bony dan Gylfi Sigurdsson di musim lalu.

Sementara Chelsea masih berkutat dengan efisiensi dalam menekan lawan. Pasukan asuhan Mourinho ini kerapkali terlihat gamang dalam menekan lawan dengan mengerahkan empat pemain.

The Special One masih menggunakan strategi yang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, meski para penggawa The Blues makin memahami pola yang dikembangkan pelatih asal Portugal itu.

Data dan fakta:

Head-to-head:

* Chelsea tidak terkalahkan dalam tujuh laga pertemuan dengan Swansea di ajang Premier League (lima kali menang, dua imbang).
* The Blues mencatat dua kali imbang dari tiga laga tandang ke Liberty Stadium, mereka bahkan beroleh hasil imbang 0-0 di ajang Piala Liga dua musim lalu.

Swansea:
* Swansea belum beroleh kemenangan dari tiga laga di ajang liga, sejak dikalahkan Aston Villa dalam Boxing Day (dua kali imbang, sekali kalah).
* Lima dari enam kemenangan Swansea di kandang justru diperoleh dari clean sheet.
* Mantan striker Swansea Bony telah mengemas enam gol dari 11 laga yang diikutinya di ajang Premier League.

Chelsea:
* Chelsea hanya beroleh lima poin dari 15 laga terakhir (sekali menang, dua kali imbang, dua kali kalah).   
* The Blues kebobolan delapan gol dari empat laga tandang.
* Chelsea selalu membobol gawang lawan lebih dulu dalam 15 dari 21 pertandingan. Capaian ini mengungguli Manchester City.
* Diego Costa telah mencetak hat-trick di September.

Prakiraan susunan pemain:

* Swansea (4-2-3-1):

Fabianski (penjaga gawang), Taylor, Williams, Fernandez, Richards, Carroll, Britton, Routledge, Sigurdsson, Dyer, Gomis
Pemain cadangan:
Tremmel, Rangel, Bartley, Fulton, Barrow, Emnes, Oliviera

* Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Ivanovic, Cahill, Terry, Luis, Willian, Matic, Fabregas, Oscar, Hazard, Costa
Pemain cadangan:
Courtois, Christensen, Zouma, Ramires, Mikel, Remy, Drogba
     
Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah: D: imbang)

* Swansea City: D W D L W


10/01/2015 Swansea City 1 - 1 West Ham United
03/01/2015 Tranmere Rovers 2 - 6 Swansea City
01/01/2015 Queens Park Rangers 1 - 1 Swansea City
29/12/2014 Liverpool 4 - 1 Swansea City
26/12/2014 Swansea City 1 - 0 Aston Villa

* Chelsea: W W L D W

10/01/2015 Chelsea 2 - 0 Newcastle United
04/01/2015 Chelsea 3 - 0 Watford
01/01/2015 Tottenham Hotspur 5 - 3 Chelsea
28/12/2014 Southampton 1 - 1 Chelsea
26/12/2014 Chelsea 2 - 0 West Ham United

Head To Head:
 
13/09/2014 Chelsea 4 - 2 Swansea City
13/04/2014 Swansea City 0 - 1 Chelsea
26/12/2013 Chelsea 1 - 0 Swansea City
28/04/2013 Chelsea 2 - 0 Swansea City
23/01/2013 Swansea City 0 - 0 Chelsea

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Swansea City 0 - 2 Chelsea (20 persen)
* Swansea City 0 - 3 Chelsea (16 persen)
* Swansea City 1 - 3 Chelsea (15 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Swansea: 0
* Chelsea: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015