Jakarta (ANTARA News) - Dua petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnaen dan Adnan Pandu Praja mendatangi Mabes Polri pada Jumat (23/1) malam.

"Kami mau ketemu Wakapolri ingin menanyakan soal keputusan Wakapolri tadi siang yang mau membebaskan Pak Bambang tapi kok malah ditahan," kata Zulkarnaen, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/1) malam.

Selain dua pimpinan KPK, mantan pimpinan KPK Chandra Hamzah dan sejumlah anggota Komnas HAM juga terlihat datang bersama mereka.

Mereka dan rombongan langsung menuju ke Gedung Utama Mabes Polri. Di sana mereka meminta bertemu dengan Wakapolri, namun petugas jaga mengatakan bahwa Wakapolri sudah pulang.

"Jam 20.30 Wakapolri sudah pulang," kata salah seorang anggota Provost.

Sempat terjadi adu mulut antara rombongan dengan petugas. Setelah diusir oleh petugas, Zulkarnaen dan rombongan lalu menuju Gedung Bareskrim.

"Yang penting ketemu dulu saja (dengan Wakapolri). Kita tunggu saja," katanya.

Dari pantauan Antara, saat ini sekompi anggota Brimob disiagakan membentuk barikade di depan gedung Bareskim dan halaman menuju Gedung Utama Mabes Polri.

Sebelumnya Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menyatakan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto akan dibebaskan. Hal itu diputuskan setelah pertemuan antara Wakapolri dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat sore.

Pada Jumat (23/1) pagi, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto ditangkap penyidik Bareskrim karena diduga telah menyuruh orang untuk memberikan keterangan palsu di muka persidangan di Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilkada Kota Waringin di Kalimantan Tengah pada 2010.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015