... perbaikan landasan pacu sepanjang 3.000 meter agar lalu-lintas pesawat di sini semakin baik...
Surabaya (ANTARA News) - PT Angkasa Pura (AP) I mengubah jam operasional Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo mulai 26 Januari hingga akhir Maret 2015, guna melakukan perbaikan landas pacu di infrastruktur tersebut secara bertahap.

"Perubahan jadwal ini kami wujudkan sesuai komitmen perusahaan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat penerbangan," kata General Manager PT Angkasa Pura I, Trikora Harjo, di Surabaya, Senin.

Mulai saat ini, ungkap Trikora, perubahan jam operasional di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo menjadi antara pukul 05.00-22.00 WIB.

"Sementara, jam operasional sebelumnya adalah mulai pukul 05.00 hingga pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Untuk menyosialisasikan ketentuan baru tersebut, jelas dia, AP I telah memberikan pengumuman lebih lanjut kepada seluruh operator maskapai penerbangan yang selama ini menggunakan layanan di Bandara Internasional Juanda.

"Di samping itu, kebijakan itu memang diperlukan dalam rangka perbaikan runway," ujarnya.

Khususnya, tambah dia, perbaikan landasan pacu yang akan dilaksanakan secara intensif dengan tujuan menjamin keselamatan penerbangan. Pihaknya berharap masyarakat dapat memahami upaya perbaikan landasan pacu tersebut.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait perubahan jam operasi ini," ucapnya.

Sebelumnya, Manajer Umum PT Angkasa Pura I, Didik Prasetya, mengemukakan, 52 pesawat terlambat terbang maupun mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo (20/1). Hal itu dikarenakan pengelola bandara memperbaiki landasan pacu untuk menutup aspal yang berlubang.

"Sejumlah pesawat itu ada yang dari Sriwijaya Air, Lion Air, dan Garuda Indonesia. Sementara, perbaikan landasan pacu sepanjang 3.000 meter agar lalu-lintas pesawat di sini semakin baik," tuturnya.

Di sisi lain, lanjut dia, juga supaya arus penerbangan di kawasan tersebut tidak terganggu oleh jalan yang rusak. Pada tanggal 20 Januari lalu, perbaikan landasan pacu mengakibatkan terjadinya penutupan bandara antara pukul 11.00-15.00 WIB.

"Jadwal perbaikan itu dipilih karena pada jam tersebut arus penerbangan di bandara tersebut sepi," tukasnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015