Para buruh harus mengingatkan Presiden Jokowi agar memenuhi janjinya mewujudkan tiga layak, yakni layak upah, layak kerja, dan layak hidup,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Ribka Tjiptaning mendorong para buruh untuk mengingatkan Presiden Joko Widodo guna mewujudkan tiga layak yang dijanjikannya pada saat kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

"Para buruh harus mengingatkan Presiden Jokowi agar memenuhi janjinya mewujudkan tiga layak, yakni layak upah, layak kerja, dan layak hidup," kata Ribka Tjiptaning saat audiensi dengan Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mendorong agar para buruh menagih janji Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri untuk melakukan revolusi mental pengelolaan perburuhan.

Ia mempertanyakan apakah Menaker berani menutup perusahaan penyalur jasa tenaga kerja Indonesia yang membandel.

Menaker, kata Ribka, jangan hanya sekali saja melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat penampungan calon TKI, tapi harus lebih sering melakukannya.

"Menteri Kelautan dan Perikanan, sudah melakukan gebrakan revolusi mental dengan beberapa kali menenggelamkan kapal nelayan, meski masih kapal berukuran kecil," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ribka juga menyinggung soal revisi UU Ketenagakerjaan yang konon masuk dalam Prolegnas, untuk tetap diawasi.

"Bagi saya, masih terlalu jauh membahas revisi UU Ketenagakerjaan," katanya.


Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015