... tadi pagi lubangnya bertambah lebar dengan diameter tiga meter dan kedalaman antara empat hingga lima meter meter...
Kalianda, Lampung (ANTARA News) - Pengemudi yang melintas di Jalur Lintas Sumatera km 60-61 tepatnya di Desa Negeri Pandan Kecamatan Kalianda Lampung Selatan agar berhati-hati karena bahu jalan amblas.

"Jebolnya sekitar dua hari lalu, tapi tadi pagi lubangnya bertambah lebar dengan diameter tiga meter dan kedalaman antara empat hingga lima meter meter, " kata Rusli (60), warga setempat, Kamis.

Ia meminta pengemudi di Jalur Lintas Sumatera itu berhati-hati mengingat amblasnya jalan tersebut bakal melebar apabila tidak segera diperbaiki.

Ia menduga, amblesnya bahu jalan itu disebabkan gorong-gorong yang ada pada bagian jalan terlalu sempit, sehingga tidak mampu menahan debit air dari dua desa terdekat.

"Gorong-gorongnya kecil, jadi pada saat musim hujan aliran air tidak seimbang, sehingga menyebabkan jalan ambles. Belum lagi adanya penyumbatan karena sampah," terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Lampung Selatan, AKP Rully Thomas mengatakan, akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar segera memperbaiki bahu jalan tersebut.

Karena dikhawatirkan kerusakan akan bertambah parah karena curah hujan yang terbilang tinggi.

"Kami minta, dinas terkait untuk tanggap atas peristiwa ini. Jalan ini vital, karena tiap harinya dilintasi ribuan kendaraan," kata dia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015