Jakarta (ANTARA News) - Kepala Departemen Telinga Hidung dan Tenggorok Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Trimartani menyarankan agar para orang tua melakukan deteksi dini gangguan pendengaran terhadap anak.

"Gangguan pendengaran akan makin baik bila ditemukan lebih awal karena keluhan ini akan berpengaruh pada kemampuan anak untuk berbicara," kata Trimartani di Jakarta, Sabtu.

Ia menuturkan bahwa selama ini orang tua kerap terlambat mengenali gangguan ini, biasanya keluhan pada telinga kerap terdeteksi ketika anak tidak lancar berkomunikasi pada usia dua tahun.

Bahkan, menurut dia, terdapat juga sejumlah kasus, misalnya kesulitan anak untuk berkomunikasi, baru akan diperiksa orang tua ketika telah menginjak usia tiga hingga empat tahun.

Pemeriksaan itu, kata Trimartani, sudah sedikit terlambat karena sulitnya anak untuk berbicara kerap diakibatkan oleh suara maupun bunyi yang tidak mampu diterima telinga dengan baik sehingga mereka hanya membaca gerak mulut lawan bicara tanpa mendengar bunyinya.

"Sebaiknya memang sudah harus mulai tumbuh kesadaran bagi para orang tua untuk memeriksa kualitas pendengaran anak sejak bayi agar dapat cepat dibantu dengan alat dengar sehingga kemampuan komunikasinya juga sudah terlatih sejak kecil," ucapnya.

Sebelumnya, menurut Cochlear Asia-Pasifik yang merupakan perusahaan global penyedia alat kesehatan pendengaran, terdapat 7.500 anak Indonesia di bawah tiga tahun diperkirakan memiliki gangguan pendengaran berat.

Tingginya jumlah penderita gangguan pendengaran itu membuat Badan Kesehatan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa satu dari 20 warga Indonesia akan menderta gangguan pendengaran selama hidup mereka.

Hingga kini, keluhan pendengaran tersebut menjadi permasalahan sosial dan ekonomi yang besar bagi ribuan keluarga di Indonesia karena penderita kerap bergantung pada orang lain dan sulit mendapat pekerjaan.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015