Beijing (ANTARA News) - Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2566 untuk pemerintah dan masyarakat Tiongkok, Kamis (19/2).

Presiden Kirgistan, Almazbek Atambayev, mengirimkan doa dan ucapan selamat tahun baru Imlek kepada Presiden Xi Jinping dan untuk seluruh masyarakat Tiongkok.

Dalam pesan tersebut, Atambayev menyinggung pembangunan berkelanjutan antara Kyrgyzstan dan China didasari persahabatan lama dan sikap saling menghormati antar negara.

Kedua negara memperluas hungungan kerjasama di bidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan budaya.

"Kerjasama tingkat tinggi kami didasari saling pengertian dan dukungan telah dikonfirmasi selama pertemuan Mei tahun lalu di Shanghai dan di Dushanbe pada September 2014," kata Almazbek Atambayev dilansir dari kantor berita Tiongkok, Xin Hua, Kamis.

"Saya berharap bisa melanjutkan dialog dengan pada KTT SCO (Shanghai Cooperation Organization) di kota Ufa, " kata Atambayev.

Perdana Menteri Portugal, Pedro Passos Coelho, juga mengucapkan tahun baru Imlek untuk masyarakat Tiongkok, komunitas Portugal di kota Macao, dan masyarakat Tionghoa di Portugal.

"Pada kesempatan Tahun Baru Imlek, atas nama pemerintah Portugal dan pribadi, saya ucapkan doa tulus untuk Tahun Kambing yang bermakna kemakmuran, kesehatan dan keberuntungan untuk masyarakat Tiongkok, komunitas Portugal Macao, dan masyarakat Tiongkok di Portugal," kata Passos Coelho.

Passos Coelho menambahkan bahwa Tahun Baru Imlek yang dirayakan di Portugal menggambarkan hubungan penting kedua negara.

Passos Coelho mengatakan Tiongkok dan Portugal akan memperingati ulang tahun ke- 10 "kemitraan strategis" kedua negara dan mengatakan Tahun Kambing melambangkan "ketekunan" dan "kreativitas".

"Kami akan bergabung untuk terus bekerja dengan ketekunan dan kreativitas demi persahabatan dengan kerjasama saling keuntungan bagi negara dan masyarakat," tambah Passos Coelho.

Passos Coelho juga memuji masyarakat Macao yang berperan sebagai penghubung antara Portugal dan Tiongkok.

Selain itu, pemerintah Venezuela juga mengucapkan selamat Imlek kepada pemerintah Tiongkok.

Kementerian Luar Negeri Venezuela mengeluarkan pernyataan atas nama Presiden Venezuela Nicolas Maduro berharap bisa memperkuat kemitraan strategis antara kedua negara.

Pemerintah Venezuela menegaskan kesediaannya melanjutkan kerjasama bilateral demi kesejahteraan kedua negara.

Caracas dan Beijing memiliki hubungan erat berdasarkan peningkatkan pertukaran dan kerja sama di bidang perdagangan, energi, infrastruktur, industri, transportasi dan pembiayaan proyek-proyek sosial.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015