Saya minta pendamping PKH melakukan fungsi komplementaritas, ya dia mendampingi PKH, ya dampingi raskin. Jadi semua program di dalam koordinasi Kemensos didampingi,"
Palangka Raya (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) melakukan fungsi komplementari yaitu ikut juga mendampingi program-program Kementerian Sosial lainnya.

"Saya minta pendamping PKH melakukan fungsi komplementaritas, ya dia mendampingi PKH, ya dampingi raskin. Jadi semua program di dalam koordinasi Kemensos didampingi," kata Mensos di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin.

Mensos mengatakan, pihaknya memiliki survei yang menunjukkan bahwa ketepatan sasaran program PKH itu tertinggi karena ada pendampingnya.

Ia mengakui bahwa menjadi tidak murah kalau dihitung untuk pendamping tapi menjadi efektif karena ada yng mendampingi mereka.

"Saya minta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk merevisi kontrak pendamping PKH bahwa mereka pendamping PKH bisa mendampingi program lain kalau kliennya sama," katanya menambahkan.

Dia juga meminta agar program pengentasan kemiskinan yang ada di Kementerian Sosial seperti PKH, raskin, Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), rehabilitasi rumah tidak layak huni dan Kelompok Usaha Bersama (Kube) bisa terintegrasi.

Integrasi program-program tersebut agar rumah tangga sasaran bisa mandiri baik dari segi ekonomi dan tempat tinggal sehingga mereka bisa mandiri.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015