Kuncinya adalah kebugaran. Menghadapi laga di musim ini, ketangguhan kondisi fisik pemain menjadi penting dengan tidur dan cukup beristirahat
Istanbul (ANTARA News) - Kepercayaan diri memenuhi kubu Liverpool asuhan Brendan Rodgers ketika menyambangi Istanbul, Turki untuk berhadapan dengan skuat Besiktas asuhan Slaven Bilic di sirkuit Liga Europa.

Liverpool datang ke Ataturk Stadium dengan mengantongi kemenangan satu gol hasil laga leg pertama yang digelar di Anfield pekan lalu. Kali itu pecinta sejati kubu "The Reds" bersorak dan bersukacita semarak setelah menyaksikan Mario Balotelli mengeksekusi penalti untuk menjebol gawang Besiktas.

Pekan ini juga, sukacita gembira itu hendak digandakan justru di Istanbul dalam laga kedua babak 32 besar Liga Europa yang diadakan pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari, pukul 00.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan SCTV.

Pertandingan ini memanggungkan duel dengan aksesoris baku serang dan adu kuat menekan lini pertahanan masing-masing tim. Jelas, setiap laga punya dinamika sendiri-sendiri. Tidak bisa dipukul rata begitu saja, sepekan lalu menang, kemudian kali ini hasilnya setali tiga uang.

Rodgers jelas sudah membuat kalkulasi dan menyusun hitung-hitungan siasat menghadapi tekanan dari penonton tuan rumah. Terang benderang, bahwa bermain defensif bukan jalan satu-satunya bagi Liverpool menghadapi gempuran barisan penyerang Besiktas.

The Reds terus berubah seirama pacuan lokomotif jaman dengan melakukan peremajaan skuat. Posisi Sturridge dan kawan-kawan terus membaik di klasemen Liga Inggris (Premier League) pekan ini dengan mengemas 45 poin, tertinggal dua poin dari Manchester United yang nota bene bertengger di posisi buncit zona Liga Champions.

Brad Jones, Jon Flanagan, Jose Enrique, Lucas Leiva dan Steven Gerrard bakal absen dalam pertandingan ini. Rodgers memerlukan penggawa yang bugar siap tampil, lantaran  Jordan Henderson dan Mamadou Sakho masih berkutat dengan cedera engkel. Kedua pemain yang terakhir ini tidak dibawa serta ke Istanbul.

Yang menarik, bos Liverpool menghadapi dilema, apakah menurunkan Daniel Sturridge dan Raheem Sterling atau  justru membangkucadangkan kedua pemain itu. Hanya saja Rodgers memiliki senjata rahasia yang siap mengguncang Ataturk Stadium. Dia adalah Mario Balotelli.

Untuk keluar dari dilema itu, The Reds perlu tampil menyerang dengan melakukan rotasi mulus dengan mengerahkan semua lini agar tampil ofensif. Siasat ini bukan hal yang sama sekali anyar, karena skuat asuhan Rodgersjuga perlu membuktikannya ketika melawan Manchester City dan Burnley pekan depan.

Sterling turun bermain selama 90 menit ketika menghadapi The Saints dengan dukungan Sturridge. Skema ini boleh jadi juga diterapkan ketika tampil melawan Besiktas. Tinggal menanti sentuhan Midas dari pelatih asal Irlandia utara itu dalam pertandingan di Istanbul ini.

Atmosfer bergemuruh dari Ataturk Stadium yang mendukung sepenuhnya tim tuan rumah menjadi tantangan tersendiri bagi skuat muda Liverpool.

Komentar dua pelatih:

* Slaven Bilic (Besiktas):

"Kehadiran para fan merupakan pemain kedua belas kami. Kami harus tampil menyerang tiada henti sebagaimana laga pertama. Lawan yang kami hadapi Liverpool yang punya ketangguhan serangan dan kekokohan bertahan."

* Brendan Rodgers (Liverpool):
"Waktu 48 jam jelang melawan Manchester City merupakan hal yang krusial. Kami juga harus kembali pagi ini dan bersegera menyiapkan diri. Kuncinya adalah kebugaran. Menghadapi laga di musim ini, ketangguhan kondisi fisik pemain menjadi penting dengan tidur dan cukup beristirahat."

"Para pemain perlu mengembalikan kondisi adrenalin setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Kami dapat istirahat pada Jumat, menyiapkan diri menghadapi selanjutnya."

Prakiraan susunan pemain:
* Besiktas (4-2-3-1):

Gonen (penjaga gawang), Kurtulis, Franco, Uysal, Hutchinson, Ozyakup, Kavlak, Tore, Sosa, Sahan, Ba
Pemain cadangan:
Opare, Frei, Arslan, Fidayed, Pekternek, Boral, Karaal
Absen:
Koybasi, Zengin, Milosevic, Toysun (cedera), Gulum, Ramon (skorsing)

* Liverpool (3-4-2-1):
Mignolet (penjaga gawang), Lovren, Skrtel, Toure, Ibe, Allen, Can, Moreno, Lallana, Sterling, Sturridge
Pemain cadangan:
Balotelli, Ward, Lambert, Manquillo, Lussey, Borini, Williams
Absen:
Markovic (skorsing), Flanagan, Gerrard, Henderson, Sakho, Coutinho, Johnson (cedera)  

Data dan fakta:

Besiktas:

* Besiktas tidak diperkuat oleh sejumlah pemain inti di lini pertahanan, karena Ersan Gulum dam Ramon terkena suspensi manakala menjamu Liverpool.
* Mereka bakal diistirahatkan bersama dengan Tolga Zengin, Ismail Koybasi, Cenk Tosun dan Alexander Milosevic.
* Slaven Bilic perlu memperkuat lini pertahanan dengan menurunkan Necip Uysal yang bermitra bersama dengan Pedro Franco di lini belakang. Sementara Uysal didaulat beroperasi dan berfungsi di lini gelandang.

Liverpool:
* Lazar Markovic masih menjalani suspensi ketika berkunjung ke Istanbul, dengan Jordan Ibe diharapkan turun menempati posisi sayap kanan.
* Rodgers menimbang kebugaran dari empat serangkai, yakni Steven Gerrard, Brad Jones, Luvas Leiva, Mamadou Sakho dan Jose Enrique. Dejan Lovren diharapkan turun di lini pertahanan menempati posisi Sakho.
* Jon Flanagan dan Jordan Henderson masih mengalami cedera, sementara Coutinho masih menjalani masa istirahat.
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah: D:imbang)

* Beşiktaş: L L W L W


22/02/2015 Eskişehirspor Kulübü 1 - 0 Beşiktaş
19/02/2015 Liverpool 1 - 0 Beşiktaş
15/02/2015 Beşiktaş 3 - 2 Bursaspor
11/02/2015 Kayserispor 1 - 0 Beşiktaş
08/02/2015 Çaykur Rizespor 1 - 2 Beşiktaş

* Liverpool: W W W W D

22/02/2015 Southampton 0 - 2 Liverpool
19/02/2015 Liverpool 1 - 0 Beşiktaş
14/02/2015 Crystal Palace 1 - 2 Liverpool
10/02/2015 Liverpool 3 - 2 Tottenham Hotspur
07/02/2015 Everton 0 - 0 Liverpool

Head To Head:

19/02/2015 Liverpool 1 - 0 Beşiktaş
06/11/2007 Liverpool 8 - 0 Beşiktaş
24/10/2007 Beşiktaş 2 - 1 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Beşiktaş 0 - 2 Liverpool (15 persen)
* Beşiktaş 1 - 2 Liverpool (14 persen)
* Beşiktaş 1 - 1 Liverpool ( 8 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Besiktas: 1
* Liverpool: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015