Jakarta (ANTARA News) - Menurut data dari Quettra, seperti dilansir Phone Arena, BBM berada di tingkat kedua di antara 22 aplikasi messaging dan jejaring sosial Android.

Data menunjukkan bahwa BBM mempertahankan 93 persen dari penggunanya setelah 30 hari penelitian, jauh di atas rata-rata tingkat retensi 43 persen semua aplikasi dalam penelitian tersebut.

Penelitian itu juga memperlihatkan 89 persen dari pengguna BBM tetap setia setelah 60 hari. Setelah 90 hari, angka tersebut turun menjadi 82 persen.

Satu-satunya aplikasi pesan yang mengungguli BBM adalah Facebook. Dari 52 juta pengguna Facebook yang dipantau oleh Quettra, luar biasanya 98 persen dari mereka masih menggunakan aplikasi setelah 90 hari penelitian. Sedangkan Twitter memiliki angka yang jauh lebih kecil yakni 31 persen dari 19,4 juta pengikut Twitter yang disurvei.

Quettra melacak penggunaan aplikasi pada 75 juta ponsel Android di seluruh dunia yang merupakan 6 persen dari pengguna global. Aplikasi pesan yang dipantau untuk penelitian tersebut di antaranya Facebook, BBM, WhatsApp, WeChat, Instagram, Snapchat, Tumblr dan Twitter.

Selain platform BlackBerry, BBM sendiri telah dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Android, iOS dan Windows Phone.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015