Helsinki (ANTARA News) - Nokia sedang dalam diskusi lanjutan dengan perusahaan telekomunikasi asal Prancis Alcatel-Lucent mengenai pembelian peralatan jaringan mobile milik Alcatel oleh Nokia.

Menteri Ekonomi Prancis Emmanuel Macron mendukung kesepakatan tersebut dengan latar belakang isu-isu Nokia seperti PHK dan penutupan pabrik.

Dengan menggabungkankan Nokia dan bisnis peralatan jaringan seluler Alcatel-Lucent, diharapkan dapat menciptakan perusahaan gabungan yang lebih baik yang dapat bersaing dengan pemimpin industri seperti Ericsson dan Huawei.

Akuisisi itu juga akan memberi Nokia kesempatan untuk mengembangkan usahanya di Amerika Serikat di mana Alcatel-Lucent merupakan supplier utama dua operator terkemuka di negara tersebut, Verizon dan AT&T.

Saat ini Ericsson memiliki 40 persen jaringan pasar peralatan nirkabel diikuti dengan Huawei 20 persen. Jika Nokia dan Alcatel-Lucent dihitung sebagai salah satu perusahaan hari ini, kedua perusahaan tersebut diperkirakan akan merangkul 35 persen pangsa pasar, demikian Reuters.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015