... Swedia mendapatkan banyak kritik dari beberapa pihak ketika memutuskan mengakui Palestina sebagai negara...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, seusai bertemu bilateral dengan Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, sepakat bekerjasama dalam memberikan dukungan pembangunan kapasitas bagi Palestina.

"Indonesia dan Swedia berkerjasama untuk meningkatkan pembangunan kapasitas di Palestina melalui Kerjasama Triangular," kata Marsudi, di sela-sela pelaksanaan Pertemuan Pemimpin KAA 2015 di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Indonesia dan Swedia sepakat menindaklanjuti kerja sama pembangunan kapasitas yang dapat diberikan kepada Palestina.

"Kami setuju untuk menindaklanjuti kerja sama pembangunan kapasitas yang kami bisa tawarkan kepada Palestina. Oleh karena itu, saya sangat menghargai kehadiran Menteri Luar Negeri Swedia," ujar dia.

Swedia hadir dalam KAA sebagai negara peninjau, yang disambut baik Indonesia. 

Pada kesempatan itu, Wallstrom menyampaikan rasa terimakasih kepada Indonesia atas kerja sama yang terjalin dalam upaya memberikan dukungan bagi solusi dua-negara (Israel dan Palestina).

"Swedia telah memutuskan untuk mengakui Palestina, dan sekarang kami melakukan kerja sama bilateral dengan tujuan memenuhi kebutuhan rakyat Palestina," ujar dia.

Wallstrom mengaku Swedia mendapatkan banyak kritik dari beberapa pihak ketika memutuskan mengakui Palestina sebagai negara.

Dia juga mengatakan pemerintah Swedia telah mulai memberikan dukungan pembangunan kapasitas kepada Palestina.

"Kami telah memberikan dukungan kami bagi rakyat Palestina dalam hal proyek pembangunan, pencegahan perubahan iklim, kewirausahaan, dan pembanguna demokrasi," kata Wallstom.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015