Tentu nanti ada pesannya, ya. Pesan kepada dunia bagaimana kemudian semua kita harus punya partisipasi dengan caranya masing-masing agar setiap usaha dengan mendzolimi kemanusiaan bisa tercegah
Jakarta (ANTARA) -
Pelaksanaan Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika (KMBAA) di Bandung Jawa Barat pada 11-13 Desember 2023, juga akan mengundang negara-negara di Amerika Latin, kata Kepala Balitbang Diklat Kemenag Suyitno.
 
"Jadi nanti namanya KMBAA-Amerika Latin. Kita akan menggelar di Bandung Desember nanti," kata Suyitno dalam temu media di Jakarta, Kamis.
 
Suyitno menjelaskan KMBAA-Amerika Latin merupakan wadah tukar pikiran para tokoh agama dunia soal praktik hidup bersama. Salah satu yang akan dibahas mengenai agresi Israel ke Palestina.
 
Suyitno berharap kegiatan KMBAA-Amerika Latin di Bandung nanti, bisa mengimpor dan mengekspor praktik-praktik baik moderasi beragama di tiga benua tersebut.
 
"Tentu nanti ada pesannya, ya. Pesan kepada dunia bagaimana kemudian semua kita harus punya partisipasi dengan caranya masing-masing agar setiap usaha dengan mendzolimi kemanusiaan bisa tercegah," katanya.
 
Suyitno mengatakan, penyelenggaraan tersebut terinspirasi dari pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika yang dipecut Presiden RI pertama, Soekarno. Lewat semangat KAA, negara-negara yang dalam penjajahan kemudian mampu merdeka dan berdaulat.
 
Pengalaman tersebut membuat Kementerian Agama berupaya untuk menduplikasi semangat dengan membawa pesan perdamaian dunia dan perjuangan untuk kemanusiaan.
 
"Supaya agama itu hadir memberikan solusi kemanusiaan, itu yang menyebabkan mengapa kemudian Kementerian Agama harus turun tangan agar agama hadir sebagai solusi persoalan kemanusiaan," kata Suyitno.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023