Kami berharap dapat menghadirkan tokoh-tokoh dari beberapa negara untuk berbagi pemikiran di sini
Jakarta (ANTARA) -
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk gelaran Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika dan Amerika Latin yang rencananya digelar di Kota Bandung pada 11-13 Desember 2023.
 
Kepala Balitbang Diklat Kemenag Amien Suyitno menyebut kolaborasi dengan Kemenlu tersebut diharapkan dapat memberi masukan upaya pendekatan personal kepada sejumlah tokoh-tokoh agar bisa menghadiri konferensi tersebut.
 
"Kami berharap dapat menghadirkan tokoh-tokoh dari beberapa negara untuk berbagi pemikiran di sini," ujar Suyitno di Jakarta, Rabu.
 
Suyitno mengatakan konferensi itu diselenggarakan dengan harapan dapat memberikan kontribusi agama terhadap permasalahan perdamaian di dunia, terutama di tengah keterpurukan yang saat ini dialami Palestina.

Baca juga: Kemenag gelar konferensi moderasi beragama Asia Afrika di Bandung
 
Konferensi itu rencananya menghadirkan perwakilan dari lima negara anggota PBB yang berasal dari selatan dunia yakni Brazil, Mesir, Meksiko, Saudi Arabia, dan Afrika Selatan.
 
"Para delegasi dari kelima negara ini bersama Indonesia akan menyampaikan pidato resmi menyikapi konstelasi geopolitik dunia," kata Suyitno.
 
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Dirjen Infodiplu) Kemenlu Siti Nugraha Mauludiah menyambut baik kolaborasi tersebut dan pihaknya akan melakukan penjajakan terlebih dulu.
 
"Selanjutnya, nanti kami akan segera instruksikan ke dubes-dubes untuk melakukan pendekatan kepada lembaga setingkat menteri yang menangani religious affairs," kata Siti.

Baca juga: Konferensi Moderasi Beragama akan undang negara-negara Amerika Latin
 
Sebelumnya Balitbang Diklat telah menerima 688 abstraksi artikel untuk penyelenggaraan Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika dan Amerika Latin.
 
Suyitno mengatakan call for paper digelar untuk mengakomodir masyarakat, cendekiawan, praktisi, dan akademisi, menyampaikan pemikiran mereka tentang kemanusiaan dan agama. Abstraksi artikel kebanyakan berasal dari Indonesia, China, Turki, Maroko, Libanon, dan sejumlah negara lainnya.
 
Selain temu para tokoh agama, akademi, dan lembaga lain dari tiga benua, tim panitia juga menggelar berbagai kegiatan, antara lain Festival Film Toleransi, Festival Musik Moderasi Beragama, dan Ekspos Inovasi Moderasi Beragama.

Baca juga: Kemenag terima 688 artikel untuk Konferensi Asia-Afrika Amerika Latin
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023