London (ANTARA News) - KBRI Brussel menggandeng maskapai penerbangan Emirates Airline untuk mempromosikan Indonesia guna meningkatkan jumlah wisatawan Belgia dan masyarakat Uni Eropa yang berdomisili di Brussel ke tanah air.

Counsellor KBRI Brusel,Riaz J.P. Saehu kepada Antara London, Rabu mengatakan, ajakan KBRI Brusel itu disampaikan dalam acara peluncuran rute penerbangan Emirates Airline langsung dari Brussel - Dubai - Denpasar, di Ruang Garuda.

Pertemuan yang dihadiri sebanyak 24 agen perjalanan di Belgia dan Country Manager Emirates Airline di Brussel, Jean-Pierre Martin tersebut diisi dengan presentasi KBRI Brussel mengenai strategi pemerintah RI dalam meningkatkan jumlah wisman, dan presentasi Emirates Airline, dan sajian makanan, musik dan tarian khas Bali.

Kuasa Usaha adInterim KBRI Brussel, Ignacio Kristanyo Hardoyo mengatakan aksesibilitas yang nyaman "direct flight" dari Brussel menuju Indonesia dirasakan masih kurang, karena selain Garuda Indonesia (dari Amsterdam), wisman yang melakukan perjalanan dari Brussel harus melakukan dua kali pemberhentian .

Dalam kesempatan itu, KBRI Brussel juga mempromosikan kopi indikasi geografis Kintamani Bali dan secara khusus meminta pihak Emirates Airline agar kopi Bali tersebut menjadi bagian suguhannya dalam rute penerbangan Brussel - Dubai - Denpasar.

Meskipun wisman asal Belgia jumlahnya tidak sebanyak Inggris, Perancis, Jerman, dan Belanda, namun wisman Belgia merupakan wisman yang pengeluarannya tergolong tinggi di Indonesia.

Dengan pengeluaran rata-rata yang cukup besar, KBRI Brussel berupaya agar wisman asal Belgia semakin banyak berlibur ke Indonesia, tanpa mengurangi upaya membidik pasar masyarakat Uni Eropa.

Peluang ini pula yang dilihat Jean-Pierre Martin, yang menegaskan Emirates Airline melihat potensi kunjungan wisatawan dari Belgia ke Bali sangat besar dan cenderung meningkat dalam memanfaatkan peluang tersebut, seiring dengan diluncurkannya penerbangan setiap hari Emirates Airline dari Brussel - Dubai sejak September lalu.

Dengan aksesibiltas yang lebih nyaman yang ditawarkan Emirates Airline, serta promosi yang lebih gencar seiring peningkatan jumlah wisman asal Belgia ini, KBRI Brussel mengharapkan dapat menjadi bagian kolektif dari upaya Perwakilan RI di luar negeri untuk mendukung tercapainya target wisman sebanyak 20 Juta di tahun 2019.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015