Saya harapkan layanan Wifi.id corner dan IndiHome milik Telkom bisa dinikmati semua masyarakat Indonesia"
Manokwari (ANTARA News) - Presiden RI Joko Widodo berharap pengoperasian infrastruktur sistem jaringan tulang punggung pita lebar (broadband) serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) menjadi salah satu solusi meningkatkan perekonomian Indonesia Timur.

"Dengan kehadiran infrastruktur tulang punggung serat optik SMPCS dari Telkom bisa membuat sistem e-Government (e-Gov), e-Commerce dan semua terkait ekonomi yang tengah dikembangkan dari Indonesia bagian barat, tengah, hingga timur bisa dikembangkam secara setara dengan manajemen kontrol yang jelas," kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan pengoperasian broadband serat optik SMPCS, di Manokwari, Papua Barat, Minggu malam.

Menurut Jokowi, kehadiran infrastruktur yang dibangun PT Telkom ini juga bisa membuat seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati layanan internet berkualitas di mana pun.

"Saya harapkan layanan Wifi.id corner dan IndiHome milik Telkom bisa dinikmati semua masyarakat Indonesia," tambah Jokowi.

SMPCS adalah jaringan serat optik sepanjang 8.722 km ini menjangkau delapan propinsi dan 34 kabupaten di kawasan timur Indonesia, meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Investasi yang dikeluarkan Telkom mencapai Rp3,6 triliun untuk membangun paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menjelaskan, pembangunan infrastruktur ini adalah sumbangsih Telkom dalam membangun Indonesia melalui pemerataan informasi dan komunikasi dari barat hingga timur Indonesia.

SMPCS akan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di daerah-daerah yang selama ini belum dilayani secara memadai.

SMPCS adalah bagian dari Id-Ring, salah satu komponen Indonesia Digital Network yang menjadi satu dari tiga program utama perusahaan pada 2015.

Melalui IDN, Telkom ingin mengembangkan bisnis digital karena Telkom menyadari untuk menjadi "Raja Digital", membangun infrastruktur dan konektivitas adalah hal yang sangat penting.

Melalui tiga komponen IDN --Id Access, Id Ring dan Id Con--, Telkom akan menghadirkan digitalisasi di Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015