Temanggung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berencana menggelar Festival Kledung pada 30-31 Mei 2015 untuk mempromosikan objek wisata daerah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto di Temanggung, Jumat, mengatakan festival digelar di area rihat Kledung yang sejuk di dekat jalan raya Temanggung-Wonosobo, di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kawasan rihat itu dilengkapi dengan pusat usaha kecil menengah yang menjual aneka produk unggulan daerah penghasil tembakau itu.

"Tidak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat objek wisata alam Posong yang saat ini mulai dikenal masyarakat," katanya.

Ia menuturkan saat festival akan ada penampilan 15 kelompok kesenian tradisional, yang antara lain akan mempertunjukan kepiawaian bermain lumping, bangilun, soreng, dolalak, topeng ireng, prajuritan, dan kontulan.

Selain itu juga akan ada festival kuliner, dan pelaksanaan ritual ruwat rigen, upacara tradisional untuk menyambut panen tembakau.

"Festival ini juga untuk melestarikan tradisi ruwat rigen di masyarakat setempat," katanya.


Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015