... tetapi proses untuk memukul bola golf itu yang paling penting. Saya diajari untuk fokus dalam perencanaan untuk mencapai target atau sasaran...
Tanjungpinang, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, menganggap Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, itu sebagai ayahnya, sehingga dia memanggilnya "abah".

"Saya ini orang Sunda, karena itu saya panggil beliau Abah Haji Muhammad Sani. Abah banyak mengajar filosofi tentang kehidupan," kata Supandi, dalam pertemuan singkat dengan Sani, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin.

Supandi menjalin persahabatan dengan Sani pada 2009. Saat itu, Supandi adalah komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada Indonesia Kawasan Barat TNI AL. 

Bukan cuma sekedar bersahabat, namun adalah sang abah juga yang menjadi guru dan memberi filosofi baru kepada Supandi. 

"Abah mengajarkan saya memukul bola golf. Ini yang sangat membekas, karena ada filosofi dalam bermain golf," ucap dia. 

Sebelum memukul bola golf, Sani mengajarkan agar fokus dalam melangkah dan berkonsentrasi dalam memukul bola golf untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Hasil itu nomor dua, tetapi proses untuk memukul bola golf itu yang paling penting. Saya diajari untuk fokus dalam perencanaan untuk mencapai target atau sasaran," ucapnya.

Supandi mengatakan, jabatan yang diperolehnya sekarang merupakan doa dari Sani dan dorongan masyarakat Kepri. Sani mengajarkannya banyak ilmu, terutama yang bermanfaat bagi orang banyak.

Sani yang duduk di sebelah kiri jenderal bintang empat itu tersenyum mendengarnya. "Kedatangan kepala staf TNI AL ini hal yang luar biasa. Kami kembali bernostalgia," ucap Sani.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015