Jakarta (ANTARA) -
Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono, diangkat sebagai warga kehormatan keluarga besar dan sesepuh Keraton Sumenep bergelar Witjaksono Noto Segoro.
 
Pengangkatan dia sebagai warga kehormatan itu diberikan Kesultanan Keraton Sumenep Madura melalui prosesi adat yang berlangsung di Base Ops Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Jawa Timur, Minggu.

Baca juga: Wakasal tinjau lokasi pembangunan Pangkalan TNI AL di Sangihe
 
Dalam prosesi itu, sesepuh dari Kesultanan Karaton Sumenep, Ir Raden Panji Much Muchtar Atmokusumo, menyerahkan piagam warga kehormatan yang dirangkai dengan pemasangan odheng (ikat kepala khas Madura) dan selendang maupun pin sebagai pengikat lahir batin kepada Purnomo. Ia juga diberikan keris pusaka dan diberikan lambang Kesultanan Sumenep.

Baca juga: TNI AL Latihan Sapu Ranjau di Selat Madura
 
"Ini menjadi kebanggaan bagi saya pribadi dan keluarga, serta tentunya bagi TNI AL, kita ketahui bersama (Kabupaten) Sumenep merupakan wilayah yang ada di pesisir (Pulau) Madura sehingga tentu memiliki semangat kemaritiman yang sama dengan TNI AL," kata dia, dalam siaran pers.
 
Beberapa waktu lalu Kesultanan Keraton Sumenep juga telah menganugerahkan gelar kepada Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, yang diberi gelar Djojo Noto Segoro.

Baca juga: Kepala Staf TNI AL turut renang lintas Selat Madura
 
TNI AL memandang Kabupaten Sumenep memiliki posisi dan potensi yang strategis, yang secara geografis ada di bagian timur Pulau Madura dan dikelilingi perairan Laut Jawa dan Selat Madura.  Oleh karena itu TNI AL saat ini tengah merencanakan pemindahan Pangkalan TNI AL dari Batu Poron di Kabupaten Bangkalan ke Kabupaten Sumenep.

Baca juga: Kasal tinjau Arsenal Batu Poron pastikan kekuatan untuk jaga laut

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022