Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menerima rombongan Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS), Rabu.

Rombongan yang dipimpin oleh Sekjen FIPS Wisnu Teguh itu melaporkan kunjungan mereka, termasuk rencana memberikan bantuan kepada pengungsi Suriah.

Dalam pertemuan itu, Fadli mendengarkan laporkan tentang penahanan 10 WNI rombongan FIPS termasuk 3 wartawan yang hendak terbang ke pro‎vinsi yang berbatasan dengan Suriah, Hatay di Bandara Ataturk. Tapi mereka diinterogasi dan dituduh oleh polisi ingin bergabung dengan ISIS di Suriah.

"Saya sudah baca ketika terjadi insiden itu di media dan memang cukup kaget juga dengan apa yang terjadi," kata Fadli Zon dalam pertemuan dengan FIPS tersebut di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

‎Fadli mengatakan, bantuan kemanusiaan dari Indonesia memang dibutuhkan bagi pengungsi Suriah. Terlebih saat isu ISIS bagi Indonesia menutup isu kemanusiaan yang lebih banyak mendapat perhatian dari negara lain, terutama Turki yang memberikan bantuan secara besar-besaran.

Pada kesempatan itu, politisi Partai Gerindra itu menyayangkan upaya pemberian bantuan seperti dari FIPS yang menaungi beberapa lembaga kemanusiaan di Indonesia itu, justru dianggap ingin bergabung dengan ISIS.

"Saya kira untuk evaluasi ke depan ada baiknya menyangkut administrasi diperkuat. Saya ikut mendukung apa yang perlu dilakukan, apakah telepon dari sini ke Dubes di KBRI atau KJRI sehingga tujuan mulia teman-teman FIPS dapat tercapai," ucap politisi Gerindra itu.

Sebagaimana diketahui, rombongan FIPS bersama tokoh organisasi Islam dan wartawan, terbang ke Turki pada 28 Mei untuk memberikan bantuan ke pengungsi Suriah. Tak hanya itu, rombongan juga ingin meluruskan isu ISIS yang selama ini menutup isu kemanusiaan di Suriah soal penindasan rezim Bashar.

Namun rombongan itu ditahan di Bandara Ataturk, Istanbul saat akan terbang ke Hatay. Mereka termasuk wartawan diinterogasi soal ISIS dengan dalih ada laporan penumpang pesawat ke polisi, meski tuduhan itu tak terbukti. 

Polisi akhirnya mengizinkan mereka ke Hatay, namun atas komunikasi dengan KBRI urung dilakukan. Bantuan akhirnya diberikan di Istanbul. Dalam misi kemanusiaan itu, Fadli Zon turut menitipkan donasi yang lumayan bagi pengungsi Suriah sebelum keberangkatan FIPS.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015