... polisi akan memantau dan meningkatkan patroli pada rumah yang ditinggal mudik penghuni...
Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya akan menggelar Operasi Ketupat 2015 mulai H-10 menjelang lebaran.

"Operasinya selama 15 hari sejak H-10 hingga H+7," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal, di Jakarta, Senin.

Iqbal mengatakan Polda Metro Jaya bersama jajaran polres dan polsek menggelar operasi cipta kondisi sebelum menjalankan Operasi Ketupat 2015 guna mengamankan musim arus mudik dan balik.

Iqbal mengungkapkan, Polda Metro Jaya mendirikan 120 Pos Pengamanan arus mudik dan balik yang tersebar di seluruh wilayah.

Pos Pengamanan itu termasuk di pusat perbelanjaan, lokasi keberangkatan pemudik, stasiun, bandara, terminal dan pelabuhan.

Polda Metro Jaya juga berkoordinasi dengan polda lain guna menyiapkan pos check point di wilayah perbatasan provinsi.

Titik pertama di wilayah Kedaung Waringin Bekasi Jawa Barat dan titik kedua di Cikupa Kabupaten Tangerang, Banten.

Selain mengamankan Lebaran, Iqbal menyatakan, polisi akan memantau dan meningkatkan patroli pada rumah yang ditinggal mudik penghuni.

Hal itu guna mengantisipasi tindak kejahatan yang banyak beraksi saat penghuni meninggalkan rumah karena musim mudik.

Bahkan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, memerintahkan semua polres dan polsek menggelar operasi skala besar dengan menyasar pelaku kejahatan jalanan.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015