Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI memberikan bonus kepada para atlet berprestasi asal Jakarta yang bertanding dalam kejuaraan olahraga SEA Games 2015 di Singapura beberapa waktu lalu.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada hari ini di Balai Kota DKI menyerahkan bonus tersebut kepada para atlet di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

"Bonus ini diberikan dengan tujuan untuk lebih memacu semangat para atlet agar semakin giat berlatih sekaligus meningkatkan prestasi dalam ajang atau kejuaraan selanjutnya," kata Basuki.

Ia mengatakan bonus tidak hanya diberikan kepada atlet yang berhasil meraih medali dalam kejuaraan itu, tapi juga kepada atlet yang belum berprestasi.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta Raja Sapta Ervian mengatakan pada kejuaraan SEA Games 2015, para atlet dari Jakarta berhasil menyumbangkan 15 medali emas, 27 medali perak dan 17 medali perunggu.

"Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet, kami berikan sejumlah bonus. Kami berharap para atlet tidak cepat puas dengan kemenangan yang diraih saat ini, dan terus berusaha dalam kejuaraan-kejuaraan berikutnya," ujar Raja.

Dia menuturkan besaran bonus yang diberikan untuk cabang olahraga individu, terutama atlet peraih medali emas sebesar Rp200 juta, peraih medali perak Rp75 juta dan peraih medali perunggu Rp35 juta.

Untuk cabang olah raga individu berpasangan, atlet peraih medali emas mendapatkan bonus Rp150 juta, medali perak Rp60 juta dan medali perunggu Rp25 juta.

Sementara untuk atlet cabang olahraga beregu, peraih medali emas mendapatkan Rp100 juta, medali perak Rp40 juta dan medali perunggu Rp15 juta.

"Bagi pelatih yang berhasil mengantarkan atletnya meraih medali, mendapatkan bonus Rp75 juta untuk medali emas, Rp50 juta untuk medali perak dan Rp 25 juta untuk medali perunggu," ungkap Raja.

Atlet dan pelatih yang belum berhasil menyumbangkan medali dalam kejuaraan tersebut pun, menurut dia, mendapat uang saku Rp6 juta per orang.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015