Kami berharap BUMN kompak dalam melaksanakan berbagai kegiatan menyambut HUT RI ke-70 tahun yang jatuh pada Senin (17/8),"
Pangkalpinang (ANTARA News) - Perusahaan BUMN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengelar berbagai kegiatan perlombaan dan hiburan rakyat dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun.

"Kami berharap BUMN kompak dalam melaksanakan berbagai kegiatan menyambut HUT RI ke-70 tahun yang jatuh pada Senin (17/8)," kata Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro usai Rapat Koordinasi Peringatan 70 Tahun Indonesia Merdeka di Pangkalpinang, Selasa malam.

Ia mengatakan peringatan HUT RI ke-70 tahun akan digelar setiap tahun untuk mempererat tali silahturahmi antarperusahaan BUMN dan masyarakat di daerah.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, BUMN akan semakin dikenal masyarakat di daerah ini," harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT RI ke-70 Dirut Jasa Raharja Budi Setyarso mengatakan tema peringatan HUT RI ke-70 mengambil tema "BUMN Hadir Untuk Negeri" akan mengelar berbagai kegiatan selama dua hari yaitu Minggu (16/8) dan Senin (17/8).

Rangkaian kegiatan pada Minggu (16/8) yaitu jalan sehat 8 kilo meter yang diakhiri dengan pesta kuliner kaki lima gratis, pemutaran film layar tancap di alun-alun Lapangan Merdeka Pangkalpinang.

Kegiatan pada Senin (17/8) yaitu upaca peringatan HUT RI, bantuan fasilitas labortorium di 17 SMK, bedah rumah veteran, penjualan sembako murah dan berbagai lomba 17 Agustus.

"Jumlah peserta jalan sehat ditargetkan sebanyak 6.000 peserta dengan rincian peserta jalan sehat di alun-alun Lapangan Merdeka Pangkalpinang sebanyak 4.000 orang dan Tanjung Pendam Belitung 2.000 orang," katanya.

Sementara itu, kata dia, upacara peringatan HUT RI akan dilaksanakan di lapangan PT Timah Tbk dengan jumlah peserta 800 orang terdiri dari karyawan 7 perwakilan perusahaan BUMN, siswa SMK dan veteran.

"Usai upacara HUT RI nanti, akan dilaksanakan penyerahan bantuan kepada 11 SMK di Pulau Bangka dan 6 SMK di Pulau belitung," ujarnya.

Selain itu, penyerahan bantuan renovasi rumah veteran di Pulau Bangka 30 orang dan Belitung 15 orang dan penyelesaian pelaksanaan bantuan renovasi rumah ditargetkan selesai September 2015.

Ia mengatakan rangkain kegiatan selanjutnya penjualan sembako murah yang akan digelar di Lapangan Merdeka sebanyak 1.350 paket sembako dan Tanjung Pendam 708 paket sembako.

"Paket sembako senilai Rp100 ribu dengan harga Rp30 ribu per paket akan disalurkan kepada warga kurang mampu di 62 kelurahan di Pulau Bangka dan Belitung," ujarnya.

Rangkaian kegiatan terakhir, kata dia, berbagai lomba 17 Agustus diantaranya panjat pinang, menulis pantun, adu gasing, bakiak, lomba karung dan makan kerupuk.

"Mudah-mudahan dengan berbagai rangkaian kegiatan ini dapat menghibur masyarakat dan bersuka cita memperingati HUT RI ke-70 tahun," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015