Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan aplikasi android untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Tahun 2016, sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi tentang pesta olahraga nasional empat tahunan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Dudi Sudradjat Abdurachim, di Bandung, Kamis, mengatakan aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk sistem pendaftaran dan pertandingan bagi para atlet serta media komunikasi antar pengurus, antar peserta/kontingen PON.

"Untuk saat ini aplikasi di android tersebut masih dalam tahap pengerjaan oleh tim," kata dia.

Ia menuturkan rencananya akhir tahun ini pengerjaan aplikasi tersebut akan selesai dan akan diberi nama "PONDROID".

"Aplikasi PONDROID tersebut akan disinergikan dengan situs PON Jabar dan Peparnas yaitu, www.pon-peparnas2016jabar.go.id," kata dia.

Pihaknya menambahkan, sistem pendukung aplikasi ini masih terus dirancang dan siapkan terutama untuk pertandingan cabang olahraga.

"Jadi didalamnya itu akan ada scoring sistem, lalu akomodasi, transportasi, pendaftaran, kebutuhan atlet dan sebagainya itu nanti kita siapkan," katanya.

Selain untuk mengabarkan segala sesuatu informasi berita menyangkut PON dan Peparnas 2016, kata dia, aplikasi android ini juga digunakan sebagai panduan bagi para atlet.

"Jadi diharapkan aplikasi ini juga digunakan bagi para altet untuk memudahkan mereka memperoleh info seputar PON dan Peparnas dan memudahkan kami untuk menginformasikan informasi seputar PON kepada seluruh atlet dan masyarakat," kata Dudi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015