Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Manchester United Anthony Martial melakoni laga debut untuk timnas senior Prancis dengan kemenangan 1-0 atas Portugal pada laga uji coba di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Sabtu dini hari WIB.

Kendati tidak mencetak gol, namun Martial yang masih berusia 19 tahun dipercaya untuk bermain menggantikan penyerang Real Madrid, Karim Benzema, pada babak kedua.

Pada laga ini, gol kemenangan Prancis dicetak pemain sayap kanan yang bermain untuk klub Olympique Lyon, Mathieu Valbuena, di babak kedua.

Pada jalannya laga babak pertama, Prancis melakukan pergantian pemain lebih awal karena penyerang Nabil Fakir menderita cedera dan digantikan Antoine Griezmann di menit 14.

Bek senior Portugal, Ricardo Carvalho, juga harus digantikan Jose Fonte pada menit 27 akibat menderita cedera otot.

Prancis mengemas peluang melalui sepakan keras gelandang Paris Saint Germain, Blaise Matuidi, di menit 32 namun sayang bola masih melampung tipis ke atas gawang Portugal. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua Prancis nyaris membuka angka lewat kerja sama Pogba dan Griezmann namun bola masih mampu ditangkap Rui Patricio.

Mega bintang Cristiano Ronaldo yang minim membuat peluang pada laga ini harus digantikan oleh Ricardo Quaresma pada menit 67.

Pada menit 75, penyerang muda Manchester United Anthoni Martial masuk menggantikan Karim Benzema.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, kemudian memasukan Valbuena untuk menggantikan Moussa Sissoko pada 10 menit terakhir laga.

Pergantian pemain tersebut ternyata membuahkan hasil di menit 85 karena Valbuena mencetak gol lewat tendangan bebas dari jarak 20 meter yang masuk ke gawang tanpa sempat dihalau Rui Patricio. Hingga laga usai, gol Valbuena menjadi satu-satunya yang tercipta pada laga ini.

Bagi Portugal laga uji coba ini sebagai pemanasan jelang pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Albania pada 8 September mendatang. Adapun Prancis dipastika lolos ke putaran final Piala Eropa karena menjadi tuan rumah.

Berikut susunan pemain Prancis vs Portugal dilansir dari Skysports, Sabtu:

Prancis (4-3-1-2): Lloris; Sagna, Varane, Koscielny, Evra; Sissoko (Valbuena), Cabaye (Schneiderlin), Matuidi; Pogba; Fekir (Griezmann), Benzema (Martial).

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Vieirinha (Cedric), Pepe, Carvalho (José Fonte), Eliseu; Joao Mario, Danilo Pereira, Adrien Silva (Veloso); Nani, Eder, Ronaldo (Quaresma).

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015