Pekanbaru (ANTARA News) - Peserta balap sepeda internasional Tour de Siak 2015 yang digelar 15-20 September 2015 mulai berdatangan ke Kota Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau.

Sekretaris Panitia Tour de Siak 2015, Hedrisan dalam keterangannya, Senin mmengatakan para atlit balap sepeda dari Singha Infinite Cycling Team asal Thailand menjadi tim luar negeri pertama yang menginjakkan kaki di negeri istana tersebut.

"Sebenarnya seluruh peserta Tour de Siak 2015 dijadwalkan Senin (14/9) baru akan tiba di Siak, namun tampaknya tim Thailand ingin tiba lebih cepat dari rencana untuk melakukan persiapan," katanya.

Selain para pebalap dari tim asal Negeri Gajah Putih itu, tim dari luar negeri lain yang dikabarkan sedang dalam perjalanan ke Siak Sri Indrapura adalah Skydive Dubai Pro Cycling Team.

"Malam ini tim dari dubai sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Pekanbaru, nantinya tim asing akan diinapkan di Grand Mempura Hotel," tambahnya.

 Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Siak ini menjelaskan, dijadwalkan seluruh tim termasuk juga dari dalam negeri akan tiba Senin (14/9) di Siak. Kedatangan mereka akan langsung disambut oleh Bupati Siak, Syamsuar dan ritual penyambutan tradisional ala Melayu Siak.

Acara ini rencananya juga dibuka langsung Menteri Pariwisata, Arief Yahya serta dimeriahkan Penyanyi Judika.

Hingga saat ini panitia mengklaim sudah 11 tim asing dari berbagai negara memastikan diri mengikuti balap yang dilaksanakan untuk ketigakalinya ini.

Kesebelas tim tersebut ialah Singha Infinite Cycling Team Thailand, Skydive Dubai Pro Cycling Team Dubai, CNN Laos, Tahbiz Shahrsdari Team Iran, Cebu Cycling Team Philippines, Persatuan Lumba Basikal Trangganu Malaysia, St.George Merida Australia, National Sports Council of Malaysia, EHBS / SATO Australia, Sepahan Pro Team Iran, dan Uzbekistan National Team.

Sementara delapan tim dalam negeri yang akan ikut berkompetisi di empat etape nanti adalah tim tuan rumah Siak BSP Nasional Team, Customs Cycling Club Indonesia Jakarta, Pegasus Continental Cyling Team Jakarta, KFC Bike Team, United Bike Kencana Malang, Milagro Yogyakarta, ISSI Kalbar Bank Kalbar, dan DKI Jakarta.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015