Washington (ANTARA News) - Militer Amerika Serikat memperbarui kontak-kontak dengan Rusia pada Jumat guna membahas bagaimana pasukan mereka dapat terhindar satu sama lain di Suriah, bahkan sementara Moskow mengerahkan jet-jet tempurnya ke zone perang itu.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu berbicara melalui telepon, kata juru bicara dari kementerian-kementeria itu.

Washington dan para sekutunya dari NATO memutuskan hubungan dengan militer Rusia pada April tahun lalu sebagai protes atas intervensi Moskow di Ukraina.

Tetapi sekarang kedua negara tersebut menemukan diri mereka terperangkap di Suriah, tempat mereka menghadapi peluang untuk bekerja sama tetapi juga akan bahaya bentrokan yang tak disengaja.

Selama setahun, AS dan koalisi para sekutu Barat dan Arab melancarkan serangan-serangan udara terhadap para pejuang Negara Islam.

AS juga, dengan keberhasilan terbatas, melatih orang-orang Suriah untuk bertempur melawan kelompok ektrims IS tetapi juga melancarkan revolusi melawan rezim Damaskus, demikian AFP melaporkan.

(M016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015