Jakarta ( ANTARA News) - Pemerintah fokus menggenjot kembali pembangunan infrastruktur pada kuartal tiga tahun ini, di mana lngkah tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan konsumsi bahan bangunan yang diproduksi industri dalam negeri.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian dalam sambutannya yang dibacakan Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat dikutip siaran pers pada acara SCG Readymix Grand Seminar 2015: Modern Concrete Construction di Jakarta, Selasa.

“Melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Pemerintah telah berkomitmen untuk memberikan kemudahan maupun keringanan bagi proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan TKDN tinggi,” tuturnya.

Syarif meminta kepada pelaku industri bahan bangunan dan kontsruksi dalam negeri agar mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh Pemerintah sehingga tercapai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi.

Syarif menyebutkan, beberapa proyek infrastruktur yang sejalan dengan program P3DN, antara lain Usaha Hulu Migas yang dikoordinasikan oleh SKK Migas dan dilakukan oleh Kontrak Karya Kerjasama (K3S) di bawah Kementerian ESDM; Pembangunan Power Plant & Transmisi, Energi, PT. PLN, PT. PGN di bawah Kementerian BUMN.

Selain itu, Pembangunan Infrastruktur jalan, bendungan, jembatan, gedung perumahan di bawah Kementerian PU & Perumahan Rakyat; Pembangunan Jalan Kereta Api, Pelabuhan, Bandara, Transportasi, poros maritim, di bawah Kementerian Perhubungan; serta Pembangunan Telekomunikasi & IT PT Telkom di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015