... menyinggung kerja sama untuk menghapus program nuklir Korea Utara dan Iran, usaha-usaha untuk mengatasi perubahan iklim dan hubungan antarindividu...
Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, memberikan sambutan hangat kepada kolega China-nya, Xi Jinping, di Gedung Putih pada Kamis, dengan menyapa ni hao, atau hallo, untuk memulai kunjungan kenegaraan.

Mereka akan bertemu secara informal dalam jamuan makan pada Kamis.

Ben Rhodes, seorang pembantu senior Obama di bidang keamanan nasional, mengatakan bahwa jamuan makan malam itu merupakan kesempatan untuk mengenyampingkan beberapa hal pokok yang akan dibicarakan dan sesungguhnya untuk mendapatkan pandangan dunia satu sama lain.

"Dan pandangan-pandangan dunia itu sangat berbeda. Dan itulah bagian dari mengapa saya pikir pembicaraan tersebut berguna dan penting, karena hal itu memberikan konteks bagi semua isu-isu ini."

Xi --yang memulai kunjungan di AS di Seattle, bertemu dengan para pemipin eksekutif perusahaan top--dipandang di Washington sebagai salah satu pemimpin China paling kuat dalam beberapa dekade, dengan mengonsolidasikan kekuasaan pemerintah, militer dan politik dengan suatu kecepatan yang tak nampak sejak Deng Xiaoping.

Obama dan Xi akan menyinggung kerja sama untuk menghapus program nuklir Korea Utara dan Iran, usaha-usaha untuk mengatasi perubahan iklim dan hubungan antarindividu.

Satu persetujuan juga diperkirakan akan ditandatangani untuk membatasi risiko tabrakan pesawat militer yang berbahaya.

Di penghujung kunjungan Xi, para pejabat Amerika Serikat mengungkap dua jet tempur China telah melintasi dengan cara berbahaya dekat dengan pesawat pengintai Amerika di ruang udara internasional di atas Laut Kuning.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015