Tujuan dilakukannya pengaturan ulang rute bus sekolah itu, yakni agar bisa lebih banyak menjaring anak sekolah yang naik
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta akan mengatur ulang rute bus-bus sekolah mulai 2016 sehingga operasionalnya semakin efektif.

"Rencananya, tahun 2016 nanti kami akan melakukan re-route (pengaturan rute) terhadap semua bus sekolah yang beroperasi di Jakarta," kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, rute bus-bus sekolah tersebut nantinya akan diprioritaskan bagi anak-anak sekolah yang tinggal di rumah susun (rusun) yang tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota.

"Intinya, bus sekolah itu akan kami arahkan supaya bisa lebih menjangkau wilayah-wilayah yang sebelumnya belum pernah dilewati bus sekolah, misalnya di kawasan rusun warga," ujar Andri.

Dia menuturkan pengaturan ulang rute bus sekolah tersebut dilakukan untuk efektivitas operasional dalam menjaring para pelajar agar dapat memanfaatkan bus yang disediakan oleh Pemprov DKI itu.

"Tujuan dilakukannya pengaturan ulang rute bus sekolah itu, yakni agar bisa lebih banyak menjaring anak sekolah yang naik. Apalagi dengan rute yang melewati daerah-daerah rusun," tutur Andri.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sampai dengan saat ini pihaknya masih terus melakukan pembahasan sekaligus pemetaan terkait pengaturan rute bus sekolah di Jakarta mulai tahun depan.

"Jadi, kami juga akan melakukan pemetaan. Kira-kira rusun mana saja yang terdapat banyak anak sekolah. Nantinya, bus sekolah, terutama yang ukurannya kecil, bisa lewat di rusun itu," ungkap Andri.

Secara keseluruhan, Dishubtrans DKI Jakarta memiliki sebanyak 130 unit bus sekolah yang terdiri atas 95 bus besar dan 35 bus kecil. Bus-bus tersebut melayani 15 rute secara tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015