Mamuju (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Barat meluncurkan bus sekolah sebagai upaya menekan kasus kecelakaan lalu lintas, khususnya di kalangan pelajar di daerah itu.

"Peluncuran bus sekolah ini merupakan inovasi kreatif Ditlantas Polda Sulbar untuk menekan kasus kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar," kata Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar, pada peluncuran bus sekolah, di Mamuju, Senin.

Peluncuran bus sekolah yang diberi nama Manarang Lantas itu dilakukan bertepatan dengan syukuran Hari Lalu Lintas ke-68 yang mengangkat tema 'Modernisasi Pelayan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju'.

Pada peluncuran itu, Kapolda menyerahkan kunci minibus kepada personel Ditlantas sebagai tanda dimulainya pengoperasian kendaraan tersebut.

Kapolda pada kesempatan itu juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya untuk kalangan remaja.

"Untuk jalan rusak, tolong segera diatasi dan pengadaan rambu-rambu lalu lintas di titik-titik tertentu juga harus segera terpasang guna mencegah terjadinya kecelakaan," ujar Adang Ginanjar.

Sementara, Direktur Lalu Lintas Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Valentinus Sumoro mengatakan, Manarang Lantas merupakan inovasi Direktorat Lalu Lintas berupa bus polisi yang akan diberdayakan untuk mengantar siswa-siswi ke sekolah guna mencegah kecelakaan lalu lintas.

"Juga, menjadi simbol akan pentingnya keselamatan berlalu lintas terhadap anak remaja usia sekolah," kata Valentinus Asmoro.

Inovasi tersebut lanjutnya, terlahir atas dasar kepedulian terhadap tingginya angka kecelakaan di Sulbar, khususnya di usia 6-16 tahun.

"Hal ini tentu cukup memprihatinkan karena di usia tersebut anak-anak seharusnya sedang dalam masa pertumbuhan sekaligus masa keemasan untuk meraih cita-cita," ujarnya.

Faktor kecelakaan lalu lintas menurut Valentinus Asmoro, tidak terlepas dari kesibukan orang tua beraktivitas serta minimnya ketersediaan angkutan umum sehingga memaksakan anak-anaknya untuk berkendara sendiri ke sekolah.

"Untuk itu, kehadiran Manarang Lantas menjadi wujud untuk mencegah kecelakaan sekaligus solusi yang tepat bagi anak-anak sekolah untuk tidak lagi berkendara sendiri saat ke sekolah," terang Valentinus Asmoro.

Baca juga: Legislator minta Dishub kaji bus sekolah untuk tekan kemacetan
Baca juga: Wali Kota Medan sediakan bus sekolah gratis warga Sicanang Belawan

Pewarta: Amirullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023