Valencia (ANTARA News) - Jorge Lorenzo mengamankan posisi start terdepan dengan mencatatkan rekor waktu tercepat di sirkuit untuk Grand Prix Valencia pada Minggu, untuk memperbesar peluangnya merengkuh gelar dunia MotoGP ketiganya.

Lorenzo melampaui rekor sebelumnya di trek ini yang diukir oleh juara bertahan Marc Marquez dengan keunggulan 2/10 detik, untuk memastikan posisi "pole" kelimanya musim ini dengan catatan waktu 1 menit 30,011 detik dalam kualifikasi pada Sabtu.

Marquez dan rekan setimnya di Honda Dani Pedrosa melengkapi baris terdepan, di mana pemuncak klasemen pebalap Valentino Rossi harus start dari belakang grid sebagai hukuman akibat aksinya menendang Marquez sehingga terjatuh dari sepeda motornya di Grand Prix Malaysia dua pekan silam.

Bagaimanapun, meski tidak perlu mencatatkan waktu pada sesi kualifikasi, Rossi masih menjalani sesi yang berat ketika ia trpental dari sepeda motornya untuk tersungkur di gravel.

Untungnya, juara dunia sembilan kali itu masih mampu berjalan dari tempat ia terjatuh ketika ia mempersiapkan diri untuk meraih gelar kedelapan di kelas utama balap sepeda motor.

Lorenzo tertinggal tujuh angka dari Rossi di klasemen, yang berarti pebalap Italia itu akan perlu finis di posisi kedua untuk mengungguli rekan setimnya di Yamaha itu jika Lorenzo memenangi balap.

Dan Lorenzo senang dengan hasil kualifikasinya yang dipandangnya sebagai yang terbaik sepanjang karirnya, ketika ia berupaya menambahi gelar yang ia menangi pada 2010 dan 2012.

"Tanpa ragu, inilah putaran terbaik dalam hidup saya," ucapnya seperti dilansir AFP.

"Saya dapat berusaha untuk mengulanginya sebanyak 20, 25, atau 30 kali dan itu tidak akan berlangsung sebaik itu. Ini sempurna."

"Saya sangat gembira, di atas segalanya karena itu menempatkan kami di posisi yang bagus untuk besok. Ini penting untuk melakukan start yang bagus dan berusaha untuk menjauh dari (sepeda-sepeda motor) Honda."

Marquez mencatatkan waktu terbaik sepanjang akhir pekan pada putaran kualifikasi perdananya meski, atas pengakuannya sendiri, terdapat sedikit kesalahan.

Bagaimanapun, ia mengakui bahwa akan berat untuk menghambat Lorenzo bahkan dengan putaran sempurna.

"Dengan ban-ban pertama saya, saya melakukan kesalahan, bahkan meski itu berakhir dengan putaran terbaik saya. Ini dapat lebih baik, namun melihat catatan waktu Jorge, saya tidak yakin ini dapat lebih baik lagi."

Semua mata akan tertuju pada apakah Marquez mampu mengejar Lorenzo setelah perseteruannya dengan Rossi dua pekan silam.

Pertikaian antara keduanya diawali ketika Rossi menuding Marquez berkonspirasi menghambat dia untuk membantu Lorenzo mengamankan gelar di Grand Prix Australia bulan lalu.

Rossi kemudian berkata bahwa Marquez membuatnya "kehilangan gelar juara" ketika ia dihantam sanksi start dari belakang grid setelah perseteruan keduanya di Sepang.

Bagaimanapun, Marquez menegaskan ia akan mencoba mengejar kemenangan keenamnya musim ini pada Minggu.

"Secara keseluruhan kami memiliki Sabtu yang bagus terkait ritme dan jumlah putaran," ucapnya.

"Kami akan berusaha untuk memperhatikan Jorge maka ia tidak dapat lolos dan kemudian kami akan berjuang mencari kemenangan menjelang akhir balap."

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015