Jakarta (ANTARA News) - Federasi Hockey Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional Hockey 2015 sekaligus babak kualifikasi PON 2016 yang dilaksanakan 14-29 November 2015 di Jakarta dan Bandung.

Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP FHI) Erizal Azhar membuka Kejurnas Hockey 2015 tersebut di Jakarta, Minggu, yang diikuti oleh 14 provinsi dari seluruh Indonesia.

"Kejurnas diadakan untuk memilih pemain yang akan mengikuti pelatihan nasional untuk SEA Games Malaysia 2017, serta untuk ajang seleksi PON 2016," kata dia.

Sebanyak 14 provinsi yang terdaftar mengikuti kejurnas yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, Papua, Sulawesi Selatan, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Papua Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Riau, Lampung, dan Jawa Barat.

Tujuh tim terbaik dari kejurnas kali ini akan lolos ke PON 2016. Tim hockey dari Provinsi Jawa Barat sudah otomatis lolos karena statusnya sebagai tuan rumah.

Penyelenggaraan kejurnas dan babak kualifikasi PON akan digelar di Jakarta dan Bandung.

Pertandingan di Jakarta akan digelar di lapangan hockey kompleks Gelora Bung Karno pada 15-22 November 2015 untuk permainan hockey luar ruangan (11 lawan 11) putra dan putri.

Di Bandung, akan dipertandingkan permainan hockey dalam ruangan (lima lawan lima) putra dan putri pada 25-29 November 2015.

FHI bertekad menjadikan kejurnas sebagai momentum kebangkitan olahraga hockey Tanah Air sekaligus kegiatan pembinaan daerah untuk wasit, pelatih, dan pemain muda.

"Kejurnas ini juga merupakan upaya talent scouting untuk Asian Games 2018," kata Elizar.

Pemain-pemain pilihan dan terbaik dari kejurnas ini akan diserahkan ke Satlak Prima untuk pelatihan dan pengembangan pemain sebagai persiapan untuk menghadapi berbagai ajang olahraga multi event mendatang. 

Pewarta: Calvinantya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015